Home / Berita / Daerah / 204 Sekolah di Ambon Terkoneksi Internet

204 Sekolah di Ambon Terkoneksi Internet

Koneksi Internet (inet)
Koneksi Internet (inet)

dakwatuna.com – Ambon. Sebanyak 204 sekolah di Kota Ambon telah terkoneksi jaringan internet PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Maluku.

“Kami telah melakukan pemasangan jaringan internet di 204 sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas di Ambon untuk memudahkan siswa maupun guru mengakses internet,” kata General Manajer PT Telkom wilayah Maluku, I Gusti Bagus Ranuh, di Ambon, Minggu.

Pemasangan jaringan internet merupakan upaya melengkapi Pemerintah kota (Pemkot) Ambon setelah menerima penghargaan “open government”.

Penerapan sistem tersebut dilakukan melalui Penerimaan Siswa Baru (PSB) online untuk tingkat SMA dan SMK di Ambon untuk 2013.

“Pendaftaran online dimaksudkan agar para siswa dapat mengetahui sekolah mana yang akan dilamar, memantau proses penerimaan siswa secara transparan serta modernisasi pengelolaan onlina di dinas pendidikan,” katanya.

Ia mengakui, walaupun penerapan PSB online belum berjalan 100 persen karena terkendala sistem, pihaknya akan berupaya agar sistem itu berjalan maksimal tahun depan.

“Tahun ini menjadi model dan evaluasi agar tahun depan berjalan dengan baik, sehingga siswa dan orang tua mudah melakukan pengurusan sekolah,” katanya.

Ranuh menjelaskan, terkoneksinya jaringan internet di sekolah merupakan upaya membangun masyarakat “Digital Society” di Ambon.

Terbentuknya ekosistem Indonesia Digital Society (DiSo) dilakukan untuk meningkatkan martabat bangsa di kancah internasional. “Program tersebut merupakan salah satu program unggulan dari Telkom dalam pengembangan,” katanya.

Ia menambahkan, tahap awal telah dimulai dengan penyiapan titik “hotspot” atau wifi di area publik yakni kantor Gubernur Maluku.

Selanjutnya wifi juga akan disipkan di pusat perbelanjaan Ambon City Center dan kawasan wisata di Ambon. “Masyarakat dapat mengakses internet tidak gratis tetapi dikenakan biaya yang relatif murah dari tarif premium yang dibebankan,” ujarnya.

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

PKPU Pekanbaru dan BNP Paribas Bangun Sekolah di Meranti