Home / Berita / Rilis Pers / Masyarakat Surabaya Kutuk Kudeta Berdarah di Mesir

Masyarakat Surabaya Kutuk Kudeta Berdarah di Mesir

surabayadakwatuna.com – Surabaya. Hari ini,16 agustus 2013, ribuan massa dari  SSE ( Surabaya Solidarity for Egypt ) mengadakan aksi damai mengutuk pembataian rakyat mesir oleh militer dan polisi Mesir.

Aksi yang diselenggarakan di depan gedung DPRD Surabaya ini juga dilakukan serempak di seluruh Indonesia dan diikuti oleh jutaan rakyat Indonesia. Menurut koordinator aksi, Fahmi, aksi ini adalah bentuk solidaritas rakyat surabaya kepada rakyat Mesir.

“Pembunuhan 6000 jiwa rakyat dan melukai lebih dari 10.000 orang adalah kejahatan menurut norma apapun. Ini adalah bencana kemanusiaan, kami sampaikan bahwa Mesir tidak sendiri,kami mencintainya seperti kami mencintai negeri ini”, tambahnya.

Seperti yang dilansir oleh Al Jazera TV sejak tanggal 3 Juli 2013, negara Mesir telah ditimpa pilu yang sangat menyayat hati ketika presiden Muhammad Mursi digulingkan dari kepemimpinanya yang sah secara konstitusional. Kudeta militer Mesir yang dipanglimai Jenderal Abdul Fattah As – Sisi ini kemudian mengganti undang – undang yang diamandemen dan pemerintahan yang telah berjalan setahun. Demokrasi akhirnya dimatikan oleh penyerangan brutal serta diikuti penahanan Mursi.

Dalam orasi aksi damai ini juga dilakukan simulasi pembantaian rakyat Mesir, dihadirkan 100 kepala negara dari seluruh dunia untuk bersama sama menghentikan kekejian ini. Disampaikan pula bahwa indonesia memiliki hutang sejarah kepada rakyat Mesir, karena Mesir adalah negara pertama yang mengakui kemerdekaan indonesia, di saat negara barat berusaha mengekalkan penjajahan di bumi Indonesia.

Dalam salah satu pernyataan sikapnya, Surabaya Solidarity for Egypt menuntut Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, untuk lebih tegas menyikapi tragedi kemanusian yang diakibatkan oleh kudeta berdarah militer Mesir. Keprihatinan tidaklah cukup, SBY seharusnya lebih aktif menggalang dukungan negara negara sahabat untuk mengutuk kudeta berdarah ini dan menyelamatkan rakyat mesir dari pembantaian lebih lanjut.

Aksi damai ini adalah gabungan berbagai elemen masyarakat, FSLDK, KAMMI, JPMI, ILE,IKADI dan sebagainya. Beberapa tokoh akademis hubungan internasional DR Muttaqien,BEM SI Jatim Himas El Hakim, sastrawan Jatim Sinta Yudisia ,sosial masyarakat dan ulama Jatim nampak hadir serta melakukan orasi.

Kami mengingatkan sekali lagi, bahwa rakyat Mesir tidak sendirian. Rakyat Mesir tak sendiri. (sbb/dkw)

Surabaya, 16 Agustus 2013

Surabaya Solidarity for Egypt  (SSE)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Farhan Gustama

    Kalau Israel-Palestina cepat damai, kapan Mesir?

    • abuzinad

      Israel Palestina cepat damai? dr th 1948 sampai sekarang masih konflik koq ..

Lihat Juga

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. (Islammemo.cc)

Erdogan Kembali Kecam As-Sisi, Hubungan Mesir-Turki Kian Menegang