Home / Berita / Internasional / Afrika / Solusi Penyelamatan Negara

Solusi Penyelamatan Negara

hazim ghurabdakwatuna.com – Mesir. Mesir saat ini berada dalam kondisi yang sangat berbahaya. Kalau tidak ada solusi menyelesaikannya, kondisi akan membawa kepada pinggir jurang kehancuran. Telah banyak inisiatif solusi untuk keluar dari masalah ini. Salah satunya adalah solusi yang terdapat dalam sebuah artikel yang ditulis oleh Hazim Ghurab. Berikut ini ringkasannya:

  • Militer membatalkan kudeta, sedangkan As-Sisi dipensiunkan, diganti dengan militer dengan pangkat tertinggi dari infantry.
  • Presiden Mursi kembali memimpin untuk sementara waktu.
  • Rakyat kembali menyuarakan pilihannya dalam pemilu yang disupervisi oleh para hakim yang masih bersih, dengan pengawasan internasional. Pemerintahan sementara hanya akan berlangsung beberapa pekan sampai pengumuman hasil pemilu dan pembentukan kabinat suara mayoritas atau koalisi.
  • Kabinet sementara terdiri dari wakil-wakil menteri tersenior dalam kabinet Hisyam Qandil yang lalu. Sedangkan perdana menterinya adalah seorang hakim yang dipilih oleh para hakim yang masih bersih. Umur mereka harus di atas 40 tahun dan tidak ada track record buruknya.
  • Semua partai dan golongan bersaing dalam pemilu untuk memilih presiden dan anggota parlemen sekaligus. Dalam pemilu ini, Presiden Mursi dibolehkan turut bersaing atau tidak.
  • Dalam masa semua proses ini (yang tidak lebih dari satu bulan) pusat studio media Mesir dan semua media massa (satelit, suratkabar, situs berita pemerintah) ditutup sementara masa peralihan ini. Kemudian dipilih dewan pers yang akan mensupervisi stasiun televisi berita pemerintah, dan suratkabar Mesir. Anggota dewan pers ini terdiri dari dekan-dekan fakultas informasi dan komunikasi ditambah 10 orang insan media yang mempunyai track record baik, bukan pendukung rejim Mubarak, dan mewakili 3 golongan Islam, Sosialis, dan Liberal. Dewan pers ini harus berkomitmen dengan kode etik jurnalistik yang telah disetujui oleh pakar-pakar media.

Namun inisiatif solusi yang ditawarkan banyak pihak sampai sekarang tak mendapat respon dari pemerintah hasil kudeta. Mereka nampak lebih memilih melanjutkan pemerintahan yang banyak ditentang rakyat Mesir. (msa/sbb/dkw)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Peta Mesir yang diberi warna merah oleh Perancis. (egyptwindow.net)

Penyebutan Kata “Mesir” di Dalam Al-Quran

Organization