Home / Berita / Internasional / Eropa / 200 Muslim Indonesia Shalat Ied di KBRI Rusia

200 Muslim Indonesia Shalat Ied di KBRI Rusia

KBRI Moskow (inet)
KBRI Moskow (inet)

dakwatuna.com – Rusia.  Sekitar 200 warga muslim Indonesia di Rusia berkumpul untuk bersama-sama melaksanakan shalat Idul Fitri 1 Syawal 1434 H di KBRI Moskow pagi tadi, Kamis (8/8).

Bertindak selaku Imam dan Khatib adalah Kepala Sekolah Indonesia di Moskow, Dr. Sugiarto, yang juga merupakan Ketua Himpunan Persaudaraan Islam Indonesia (HPII) Moskow, demikian disampaikan Sekretaris I Pensosbud KBRI di Moskow, Lailal K.Yuniarti beberapa saat yang lalu.

Dalam khotbahnya, Dr. Sugiarto mengajak umat Muslim Indonesia di Rusia untuk mensyukuri nikmat telah melaksanakan ibadah Ramadhan sekaligus bermuhasabah atau merenung seraya mengevaluasi diri, apakah ibadah Ramadhan yang dilaksanakan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

“Nabi Besar Muhammad SAW mengajak umatnya untuk mempersiapkan diri dengan lima hal yaitu memanfaatkan waktu luang untuk meningkatkan iman dan takwa, menafkahkan harta di jalan Allah, mensyukuri nikmat sehat untuk menjalankan ibadah, mencari ilmu sebanyak-banyaknya dan mempersiapkan hidup sebelum datang kematian dengan memperbanyak amal ibadah,” ujar Dr. Sugiarto.

Seusai shalat Ied, seluruh masyarakat Indonesia yang hadir juga menerima informasi-informasi terkait masalah kekonsuleran yang kerap dijumpai di Rusia, antara lain mengenai lapor diri, perpanjangan paspor dan visa.

Pertemuan diakhiri dengan open house dan halalbihalal di KBRI Moskow yang dipimpin Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) KBRI Moskow, Moenir Ari Soenanda, dan istri.

Rasa sedih berlebaran jauh dari keluarga di Indonesia sedikit terobati dengan berkumpul bersama seluruh masyarakat Indonesia yang senasib sepenanggungan di perantauan.

Hidangan-hidangan khas lebaran yang disajikan pun cukup mengobati rindu terhadap tanah air, diantaranya lontong opor, sayur godog, sambal goreng hati,  kerupuk, pempek  dan kue-kue khas Indonesia yang diserbu masyarakat.

Masyarakat Muslim di Rusia melaksanakan waktu ibadah puasa yang sangat panjang karena harus berpuasa hampir 20 jam setiap harinya.

Sekitar 25  juta umat muslim Rusia di berbagai daerah juga melaksanakan Idul Fitri 1 Syawal 1434 H dengan melaksanakan Salat Ied di sejumlah masjid, antara lain di Masjid Tatar yang tidak terlalu jauh dari KBRI Moskow. (rmol)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Wakaf Sebagai Solusi Pengembangan Infrastruktur di Indonesia