Home / Berita / Internasional / Afrika / Petisi Parlementer Internasional Anti Kudeta

Petisi Parlementer Internasional Anti Kudeta

petisidakwatuna.comSaat ini, Gerakan Parlemen Anti Kudeta sedang menyiapkan sebuah petisi. Petisi tersebut akan membangun koalisi seluruh parlemen dunia dalam memelihara legitimasi konstitusi, demokrasi, dan HAM rakyat.

Dalam pernyataannya, gerakan parlemen anti kudeta menyebutkan:

Hal-hal yang dihasilkan pemerintah hasil kudeta di Mesir:

  • Membekukan konstitusi yang sudah disahkan rakyat melalui sebuah referendum dengan prosentase yang menyetujuinya 63.8%
  • Melenyapkan Presiden terpilih secara demokratis.
  • Membubarkan MPR.
  • 1500 tahanan politik, jumlah ini terus bertambah.
  • 480 korban jiwa hingga sekarang.
  • 8000 korban luka-luka
  • 9 stasiun televisi yang ditutup, dan pengekangan hak berpendapat

Dengan mengacu kepada konvensi dan deklarasi internasional yang menentang intervensi militer dalam kehidupan berpolitik, dan menentang pengkudetaan atas lembaga-lembaga negara terpilih secara demokratis.

Di Mesir, telah terjadi pembekuan konstitusi yang telah disahkan rakyat Mesir dengan suara mayoritas, penggulingan presiden yang telah dipilih secara bebas dan demokratis, dan pembubaran DPR dan MPR yang juga telah dipilih dalam pemilu yang bebas dan bersih.

Dengan mengacu kepada ketentuan bahwa pergantian pemerintahan dan konstitusi harus dilakukan melalui kotak-kotak suara.

Maka dengan ini, kami anggota parlemen dari seluruh dunia menuntut masyarakat dunia, lembaga-lembaga parlemen dunia, organisasi-organisasi persatuan parlemen, lima negara anggota permanen dalam Dewan Keamanan PBB beserta ketuanya, negara-negara Uni Eropa, Organisasi Kerjasama Islam, Liga Arab, lembaga-lembaga demokrasi di seluruh dunia…

untuk menolak kudeta militer yang terjadi di Mesir, tidak memberikan pengakuan atas segala yang dihasilkannya, menuntut otoritas yang berkuasa di Mesir untuk tidak bersikap represif kepada para demonstran.

Kami mengajak untuk membuka investigasi internasional terhadap berbagai pembantaian yang dilakukan pihak militer dan kepolisian untuk menghadapi para demonstran, dan membawa mereka ke pengadilan internasional.

Demikianlah, Gerakan Parlemen Internasional Anti Kudeta telah menyiapkan formulir yang bisa dibubuhi tanda tangan setiap anggota parlemen di seluruh dunia untuk menentang kudeta militer. (msa/sbb/dkw)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (5 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Menhan Turki: Di Mata Ankara Gulen Seperti Bin Laden Bagi Washington