Home / Berita / Internasional / Eropa / Walikota Muslim Pertama di Italia Ini Potong Wawancara Lantaran Puasa

Walikota Muslim Pertama di Italia Ini Potong Wawancara Lantaran Puasa

Arturo-Cerulli-OKdakwatuna.com – Jakarta. Mohamed Arturo Cerulli yang akrab dipanggil Arturo terpilih menjadi walikota (Sindaco) Monte Argentario yang baru dari partai politik Tengah-Kanan (centrodestra), Popolo della Liberta, April 2008 lalu.

Keberhasilannya menjadi walikota itu akhirnya diliput oleh harian Italia, Il Corriere della Sera. Bagi masyarakat Italia, kemenangan Arturo sangat mengejutkan, lantaran Monte Argentario selama 20 tahun terakhir dipimpin Parpol Kiri.

Namun bagi masyarakat Indonesia, sepak terjang politiknya di negara Pizza itu bukan hal yang mengejutkan, karena tak ada urusannya dengan negara maritim ini.

“Sebenarnya kemenangannya bisa terjadi lima tahun sebelum 2008. Lewat jalur nonpartai,” kata Sri Semiarti Sastropawiro beberapa waktu lalu.

Lalu siapa Sri Semiarti Sastropawiro? Arturo Cerulli bersama Sri Semiarti Sastropawiro tampak hadir dalam peluncuran buku “Scappa per Amore” karya Dini Fitria di kawasan Blok M, Jakarta Selatan beberapa hari lalu. Keduanya bersama seorang anak kecil.

Ya, Sri Semiarti rupanya adalah istri dari sang walikota mualaf tersebut. Itulah yang membuat masyarakat Indonesia tertarik dengan kiprah Arturo. Selain beristrikan orang Indonesia, Arturo juga adalah seorang muslim.

Arturo Cerulli yang masih melayani pertanyaan banyak wartawan, akhirnya menghentikan wawancara, untuk berbuka puasa. “Saya berpuasa,” katanya singkat sambil tersenyum.

Arturo Cerulli datang ke Indonesia atas tawaran Mantan Presiden RI BJ Habibie, yang tengah merintis percepatan pengembangan teknologi di Tanah Air.

Insinyur nuklir tersebut bekerja di Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) di Serpong, Tangerang Selatan. Disitulah Arturo bertemu sang istri.

Adapun Arturo Cerulli mengenal Islam, menurut istrinya, pertama kali saat bekerja di Arab Saudi. Arturo pernah menginjakkan kaki di Tanah Suci. Kini dia tercatat sebagai satu-satunya walikota muslim di Italia. (tjk)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (27 votes, average: 9,44 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Q-LaT

    Allahu Akbar

    • nanang

      Allahuakbar

  • Hamas_inside

    subhanallah
    Sesungguhnya agama islam, agama yang indah
    alhmdllah sy terlahir sebagai orang muslim

  • Hamas_inside

    subhanallah
    Sesungguhnya agama islam, agama yang indah
    alhmdllah sy terlahir sebagai orang muslim

  • bintang cilegon

    Di Al-quran Allah sudah menjelaskan..agama yang di ridhoi Allah adalah agama islam,dan bahasa yang di gunakan adalah bahasa arab,

Lihat Juga

Foto yang diangkat Kompas (kompas.com)

Ibu Saeni dan Razia Warung Makan: Lagu Lama Judul Baru