Home / Berita / Silaturahim / Mahasiswa dan Pekerja Indonesia di Malaysia Gelar ’Ta’jil on the Road’

Mahasiswa dan Pekerja Indonesia di Malaysia Gelar ’Ta’jil on the Road’

Mahasiswi UTP dan Para Pekerja di Ipoh Malaysia
Mahasiswi UTP dan Para Pekerja di Ipoh Malaysia

dakwatuna.com – Perak.  Ceria dan Bahagia, ungkapan itulah yang terlintas pantas dari gurat wajah ratusan pekerja Indonesia dari beberapa Perusahaan Semikonduktor di kawasan Ipoh, Perak Malaysia dalam menikmati suasana Buka Bersama Plus yang berlangsung 30-31 Juli 2013 lalu.

Ada Ceramah, Sholat Maghrib-Isya disempurnakan Tarawih ber-Jama’ah, di’warnai’ Games, hingga Nasyid persembahan sahabat-sahabat Pelajar Indonesia dari Universiti Teknologi Petronas (UTP) yang mampu mengocok keceriaan sekaligus keharuan lewat senandung kerinduan kampung halaman.

Kegiatan bersama buah kolaborasi FOKMA (Forum Komunikasi Muslimah Indonesia) cabang Perak berikut terobosan ‘membumi’ paguyuban pengajian mahasiswa pasca sarjana dari UTP di Perak ini berlangsung 2 hari dimulai di Asrama pekerja Wisma Murni Silibin lalu di Wisma APPU Simpang Pulai.

Rangkaian acara begitu mengesankan bukan hanya bagi sesama peserta namun juga pihak perusahaan dalam mengobati kerinduan kampung halaman para WNI pekerjanya, mengingat sebagian besar pekerja ini tidak dapat menikmati “juadah” khas Hari Raya dengan ‘balik kampung’ demi kesungguhan terus menjadi “Pahlawan Devisa” yang perannya sering terlupa ini.

Dalam suasana kehidupan pekerja Indonesia di negeri jiran yang sering mendapat sorotan negatif akibat ulah sebagian kecil dari mereka yang ‘terjerembab dilembah nista’. Acara ini mampu hadir memberi makna yang berbeda dari persepsi kurang sedap tersebut.

Seolah tidak mau ketinggalan dengan aktivitas ‘Berbagi Rasa Ramadhan bersama saudara di Jalan’ saudaranya di tanah air. Dalam harmoni indah Pekerja dan Mahasiswa ini hadir kesan mendalam diantara suasana berletih-letih ‘Fastabiqul Khoirot’ sebagaimana yang diungkapkan mba Fitriayana pekerja UNISEM selaku ‘Komandan’ dalam ‘Ta’jil on the Road’ dengan menghampiri sahabat-sahabat pekerja Indonesia lainnya di gerbang perusahaan yang kebetulan baru keluar dari shift mereka.

‘Seneng rasanya bisa berbagi dan menyaksikan senyum sahabat yang menerimanya, walaupun diukur secara materi yang kami bagi hanya sesuatu yang sangat sederhana’ ulas muslimah asal Medan ini. InsyaAlloh lain kesempatan kami bersedia ambil bagian dalam acara ‘seru’ seperti ini lagi.

Alhamdulillah dipenghujung Ramadhan mulia ini terasa betul kebersamaan sahabat serantau bagi WNI di Perak Malaysia khususnya ini, mungkin itulah Berkah dan Hikmah Ramadhan hingga kehadirannya begitu bermakna dan kepergiannya sebuah kehilangan besar yang mengharukan kalbu, setelah rangkaian penyambutan Ramadhan pada 30 Juni, penghimpunan Zakat Fithrah dan Zakat Maal, Khatam Al Qur’an bersama sebelumnya, lalu disempurnakan I’tikaf di masjid UTP yang masih berlangsung saat ini.

Demikian pesan penutup dari Dr Syahrir Ridha selaku koordinator kegiatan Ramadhan 1434H bagi WNI pekerja, pelajar, expatriate Indonesia di Perak ini. Semoga dikesempatan mendatang kita bisa memberikan sentuhan peran yang lebih bermakna dan menggugah hati secara bersama demi mendekat pada Alloh swt, tutup dosen Perminyakan UTP ini.   (ra/ta/dkw)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Di Ramadhan 1437 H, KNRP Salurkan Rp 12 Miliar untuk Rakyat Palestina