Home / Berita / Silaturahim / Semangat Ramadhan SD Negeri 4 Dendang

Semangat Ramadhan SD Negeri 4 Dendang

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

dakwatuna.com Perayaan datangnya Ramadhan disambut SD Negeri 4 Dendang, Belitung Timur, dengan berbagai kegiatan. Kegiatan berlangsung dari mulai hari Sabtu, 27, 29-30 Juli 2013. Pada hari Sabtu diadakan lomba cerdas-cermat yang terdiri dari 3 kelompok yaitu berasal dari kelas 3, 4 dan 5. Pertanyaan yang disediakan berjumlah 40 soal yang terdiri dari soal agama Islam, PPKN, IPA, IPS, Olahraga dan muatan lokal.

Peserta sangat antusias begitu juga dengan penonton lainnya. Beberapa pertanyaan di buat menjadi 4 sesi. Soal untuk Grup A, B dan C dan soal pilihan. Sorenya dilanjutkan dengan buka puasa bersama yang dihadiri oleh Guru-guru, seluruh Siswa, Kepala Dusun Aik Asam Pak Basri dan Kepala RT Aik Asam Pak Sukirman serta wali murid. Serunya berbuka disambut siswa dengan makanan yang dibawanya dan cerianya berkumpul dengan teman-teman, guru dan suasana Ramadhan di sekolah. Lomba adzan yang diadakan di

Hafalan doa berbuka diikuti oleh kelas 1 yang diadakan pada hari Jum’at. Kelas 2 dan 3, doa Al-Fatihah, berbuka puasa dan artinya.

Sangat menarik acaranya, menurut Farida Guru SGI 4 dari Dompet Dhuafa, walaupun sangat terlambat diadakan karena sibuknya Kepala Sekolah dengan berbagai kegiatan sehingga baru bisa diadakan pada saat ini. Selain menambah nilai islami siswa, guru juga memiliki peran untuk menanamkan nilai islami yang bisa menambah nilai kepada siswa akan makna Ramadhan yang mereka jalankan dan betapa berartinya menjalankannya karena ini adalah bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh setiap muslim di seluruh belahan dunia manapun itu.

Menariknya, siswa pada saat berbuka diminta agar membawa makanannya sendiri, berwudhu dan kita shoat berjamaah bersama. Moment ini sangat senang saya rasakan karena saya menunggu-nunggu kapan moment ini ada lagi selain saat ini, karena saya di sini (Beltim) hanya satu tahun saja, kalau saya tidak hadir sangat rugi rasanya. Shalat berjamaah yang sangat jarang diadakan di sekolah karena tidak adanya sarana Mushalla yang mendukung terlaksananya shalat berjamaah di waktu Zhuhur. Namun, kegiatan seperti ini sangat disenangi oleh siswa selain hanya terjadi satu sekali, penanaman nilai-nilai bulan Ramadhan bulan penuh berkah dengan berbagai amalan yang bisa mereka lakukan dan menambah pengetahuan agama mereka, di samping itu setiap siswa diwajibkan menggunakan busana Muslim di sekolah selama bulan Ramadhan benar-benar sangat memukau saya.

Semoga anak-anak semakin bisa memaknai arti dari bulan Ramadhan seiring berjalannya waktu dan semoga dengan seperti ini semakin menambah ikatan antara guru dan murid bukan sekadar pengajar dan pelajar saja tapi sebagai orang tua dan anak. Berjalannya kegiatan ini tidak bisa berjalan jika hanya guru saja yang menjalankannya sementara anak-anak tidak ikut ambil bagian juga, namun karena antusias anak-anak, maka proses kegiatan Ramadhan Ceria ini bisa berlangsung dengan lancar dan menarik. Semoga di tahun depan acara ini semakin meriah dan bermakna untuk anak-anak SDN 4 Dendang… aamiin.

Hari senin (29/07/2013) acara berlangsung dengan Fashion Show peragaan busana Muslim dan Muslimah. Anak-anak sangat antusias mengikuti alunan irama musik yang mengiringi perjalanan mereka di karpet hijau mengitari gerak langkah mereka. Ada yang malu-malu, berjalan biasa saja, ada yang menangis dan ada yang bergaya seperti model-model yang sedang memperagakan baju yang digunakannya. Kegiatan ini diadakan dari kelas 2-6 baik laki-laki maupun perempuan.

Fashion show diadakan dua sesi yaitu sesi penyeleksian peserta menjadi 10 besar dari masing-masing siswa dan siswi. Dan sesi kedua adalah penentuan 3 besar dari masing-masing kelas yang dibagi lagi menjadi 3 siswa dan 3 siswi. Kegiatan Lomba Adzan, Lomba Doa berbuka puasa, Al fatihah dilakukan di masing-masing kelas dengan wali kelas sebagai seorang jurinya. Sedangkan Hafalan surat pendek (Tahfizh), Fashion Show, Cerdas-cermat dibuka untuk seluruh kelas. Dan pembagian hadiah akan dilakukan pada acara Halal Bi Halal Sekolah yang akan diadakan pada 16 Agustus 2013, di mana anak-anak diminta membawa berbagai makanan untuk ramai-ramai menjadi bekal makan bersama.

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Kelembutan bukan menjadikan seseorang rendah dihadapan orang lain, lembut bukan berarti lemah. Tapi lembut mencerminkan kesantunan dan cermin akhlak yang mulia

Lihat Juga

Muhasabah Ramadhan