Home / Berita / Nasional / Ormas Islam Kecam Kekerasan di Mesir

Ormas Islam Kecam Kekerasan di Mesir

Polisi Mesir (inet)
Polisi Mesir (inet)

dakwatuna.com – Jakarta.  Sejumlah organisasi massa (ormas) Islam di Indonesia mengecam kekerasan yang dilakukan oleh militer Mesir terhadap pendukung presiden Muhammad Mursi.

“Kami mengecam kekerasan militer yang terjadi di Mesir,” kata Ketua Pimpinan Pusat Muhammadyah, Din Syamsuddin, didampingi para pemimpin ormas Islam di Jakarta, Senin.

Para pemimpin ormas Islam di Indonesia juga mendesak penegakan hukum dan demokrasi di negara itu.

“Kemudian kami meminta agar OKI, PBB maupun masyarakat internasional untuk tidak mengakui kudeta ilegal yang dilakukan oleh militer.”

Ormas-ormas Islam tersebut juga mengutuk Amerika Serikat dan Israel yang dianggap mendukung kudeta di Mesir.

“Apa yang terjadi di Mesir membawa dampak pada dunia Islam. Kami juga meminta agar Indonesia mengambil peran aktif tidak hanya melalui pernyataan-pernyataan,” kata dia.

Sekretaris Jenderal Majelis Intelektual Ulama Indonesia, Bachtiar Nasir, mengatakan pemerintah Indonesia bisa mengambil langkah nyata untuk membantu Mesir, apalagi kedua negara memiliki kedekatan sejarah.

“Negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia adalah Mesir,” kata Bachtiar.

Pernyataan sikap ormas-ormas Islam di Indonesia itu selanjutnya akan disampaikan ke Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Organisasi Konferensi Islam (OKI).

Ratusan orang dilaporkan tewas dan ribuan orang terluka dalam bentrokan yang terjadi saat pendukung Mursi menggelar aksi protes di Masjid Rabaa al-Adawiya, Kairo, usai salat Jumat pekan lalu. (ant)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (6 votes, average: 9,83 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • leo_slank

    hy militer mesir ri.dan para presiden dunia mengutuk kudeta mu dan militer mu yg pengecut yg tak berhen ti nwenebnn dari ibunya….membunuh semua rakyat nya….yg ter kutuk militer mesir…/sabda allah kurukkan dari ummat manusia dunia menggoyangkan alam dan lanit bahlkanlaut untuk mesir berhati2234 lah…????

Lihat Juga

Presiden Mursi. (aljazeera.net)

Vonis Mati Presiden Mursi Dianulir