Home / Pemuda / Essay / Ketika Negarawan Muda Memaknai Ramadhan

Ketika Negarawan Muda Memaknai Ramadhan

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi (inet)
Ilustrasi (inet)

dakwatuna.com Berbicara tentang Ramadhan, pasti seantoro jagad ini mengatakan bahwa Bulan Ramadhan itu bulan Puasa, Bulan Ampunan, Bulan Penuh Berkah, Bulan Turunnya Al-Qur’an, dll. Dalil Q.S. Baqarah: 183 selalu keluar baik saat menyambut maupun saat melewatinya. Banyak Orang yang berubah pada bulan ini dari yang biasanya gak pake jilbab jadi pake jilbab. Jadi yang biasanya preman jadi Sholeh, sampai berita – berita dan tayangan televisi berubah 180 derajat menjadi Islami.

Tetapi, bagi seorang negarawan muda kita perlu refleksikan ramadhan kali ini. Memang ramadhan kali ini special sekali dan pastinya banyak kejutan yang muncul, antara lain Hadiah Kenaikan BBM dari Presiden SBY dan adanya BLSM yang menjadi ladang pencitraan bagi para pejabat yang ingin berebut kursi RI-1 di tahun 2014 nanti kepada masyarakat marginal Indonesia, Kasus Keributan di Kejuraan Tinju di Papua,dll.

Tentu kita menangis dalam menyambut dan menjalani Ramadhan di Negara yang merupakan contoh paling tepat untuk tidak di contoh, Indonesia Tercinta ( Eri Sudewo, 2013 ). Tetapi meratapi nasib tanpa usaha untuk bangkit adalah Membodohan. Jadi langkah langkah awal yang kita lakukan sebagai para pemuda Indonesia yang peduli akan Negara Indonesia dan memperjuangkan kembali kejayaan negeri ini hingga Sebutan Negarawan Muda melekat pada diri kita, hanya satu kata “ Evaluasi dan Perbaikan diri” .

Bagi Negarawan Muda haruslah memaknai ramadhan kali ini sebagai sarana untuk memperbaiki diri kita, sarana untuk membina Hati, Pikiran, Fisik kita serta sarana untuk kita memahami kondisi diri kita, sehingga bisa produktif dalam berkarya

Tentu banyak langkah yang harus kita lakukan, apa saja langkah itu ???

Pertama, Muhasabah / evaluasi diri selama 1 tahun ini dari ramadhan kemarin sampai ke ramadhan kali ini sudah ngapain aja, apakah target – target kita dah tercapai,dll dan Niatkan untuk berusaha mencapai target itu dan tentunya berbenah diri untuk menjadi yang lebih baik

Kedua, kita tulis dalam secarik kertas apa saja targetan yang ingin kita capai selama ramadhan ini. Misalnya Tilawah 1 Juz/ Hari, 1 Tulisan/Minggu, Ibadah Sunnah kita libas semua per hari,dll. Itu kita temple dinding meja belajar / di dinding diatas tempat tidur kita, sehingga kita akan terus mengingatnya pas buka mata.

Ketiga, Selalu berdo’a kepada Allah Swt setiap selesai Sholat. Untuk target – target kita dapat tercapai dan di beri kemudahan serta ke-istiqomah-an dalam menjalani ramadhan kali ini.

Keempat, Lakukan target yang ada dengan Segala Usaha dan Upaya yang kita mampu dan yang paling penting niatkan semuanya semata – mata untuk beribadah kepada Allah Swt. Juga jaga kondisi tubuh, hati, pikiran

Mungkin  itu saja tips yang dapat diberikan untuk perbaikan diri selama bulan ramadhan ini. Semoga Ramadhan kali ini kita menang, Ramadhan kali ini membuat kita semakin produktif.

 

About these ads

Redaktur: Aisyah

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Febrian Indra Rukmana
Mahasiswa Jurusan Sosiologi FISIP UNS 2010. Penerima Beasiswa Aktivis Nusantara 2013 Dompet Dhuafa Republika. Koordinator BIRO AAI FISIP UNS. Ketua Badan Khusus Jaringan Fakultas KAMMI Komisariat Sholahuddin Al Ayyubi UNS.

Lihat Juga

Pemaknaan Pluralis Ketuhanan Maha Esa Dalam Pancasila