Home / Pemuda / Mimbar Kampus / Sekolah Mentor UKM Dakwah Azzamul Iffah STAIN Syekh M Djamil Djambek Bukittinggi

Sekolah Mentor UKM Dakwah Azzamul Iffah STAIN Syekh M Djamil Djambek Bukittinggi

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

Sekolah Mentor ukmddakwatuna.com – Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang maruf dan mencegah dari yang munkar merekalah (orang yang berdakwah) adalah  orang-orang yang beruntung. (Ali Imran: 104) 

Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma’ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan mereka taat pada Allah dan Rasul-Nya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana (At-Taubah: 71)

-Mencetak Da’i di Bulan Ramadhan-, mungkin kata-kata ini tepat untuk menggambarkan kegiatan yang diangkat oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Dakwah Azzamul Iffah STAIN Syekh M. Djamil Djambek Bukittinggi Prov. Sumatera Barat. UKMD Azzamul Iffah pada Ramadhan kali ini  mengadakan suatu pelatihan yang diberi tajuk Sekolah Mentor . Kegiatan yang didukung penuh oleh Pihak Kampus ini diadakan pada tanggal 13-16 Juli 2013 bertepatan dengan 4-7 Ramadhan 1434 H. Kampus melalui Pembantu Ketua (Puket) III meminta setiap Ketua Program Studi mengutus mahasiswanya untuk mengikuti kegiatan Sekolah Mentor ini. Alhamdulillah 115 orang mahasiswa tercatat sebagai peserta. Sebagai Master of Training (MOT), UKMD Azzamul Iffah bekerja sama dengan Lembaga Dakwah Pelajar dan Mahasiswa (LDPM) Bukittinggi yang telah menjadi mitra bagi sekolah-sekolah dan kampus-kampus di Kota Bukittinggi serta Kab. Agam dalam berbagai pengelolaan kegiatan-kegiatan keagamaan, dakwah, dan training.

Kegiatan Sekolah Mentor ini bertujuan untuk mempersiapkan para Mentor dan Da’i yang akan diberdayakan di lingkungan Kampus STAIN Sekh M. Djamil Djambek bahkan nantinya diharapkan bisa memberikan kontribusi bagi Dakwah di luar Kampus. Sesuai yang disampaikan oleh Pembina UKMD Azzamul Iffah Dr. Edi Rosman, S.Ag., M.Hum bahwa Sekolah Mentor kali ini barulah awalan dalam mempersiapkan mentor yang berkualitas. Para calon mentor ini selanjutnya akan mengikuti rangkaian follow up setelah kegiatan ini. Beberapa kegiatan yang akan mereka ikuti adalah Kuliah Mentor Rutin, Simulasi/Micro Teaching Mentoring, dan Mentoring itu sendiri.

Harapan Besar

Pada pembukaan hari Sabtu tanggal 13 Juli 2013, Ketua Jurusan Tarbiyah Drs. Khairuddin, M.Pd menyampaikan bahwa Kampus memiliki keinginan untuk menghadirkan Lembaga Resmi pengelola Mentoring ini dalam waktu dekat. Beliau mencontohkan kampus-kampus lain yang telah memiliki lembaga semacam ini, seperti Lembaga Responsi Agama Islam (LRAI) Universitas Andalas dan LRAI UNP.  Banyak kampus di Sumatera Barat dan di Indonesia umumnya memang sudah memiliki Lembaga Resmi untuk pengelolaan mentoring ini seperti Institut Pertanian Bogor dengen Tim Asistensi Pendidikan Agama Islam. Harapan ini menurut Pak Kai –sapaan akrab beliau- juga akan menjadi PR bagi UKMD Azzamul Iffah sebagai Lembaga Dakwah Kampus STAIN Syekh M. Djamil Djambek Bukittinggi. Pekerjaan Rumah berat yang harus diselesaikan pengurus UKMD Azzamul Iffah yang dinakhkodai oleh Al Akh Yosep mahasiswa jurusan Tarbiyah.

Materi dan Pemateri yang Dahsyat

Materi yang tepat dan Pemateri yang menarik, memiliki retorika yang baik dan didukung dengan ruhiyah yang tinggi membuat suasana Sekolah Mentor ini selalu hidup dengan antusiasme peserta. Hari pertama pelatihan Sabtu tanggal 13 Juli 2013 Materi yang diberikan adalah materi Urgensi Mentoring oleh Ust. Dr. Edi Rosman, S.Ag., M.Hum yang merupakan dosen Ilmu Syari’ah serta Pengurus Ikatan Da’i Indonesia (IKADI) Bukittinggi dan materi Urgensi Aqidah di Era Global oleh Ust. Nurlizam, M.Ag yang merupakan dosen Ilmu Al Qur’an dan Tafsir. Hari pertama ini bertindak sebagai MOT adalah Al Akh Riko Onki Putra ketua Divisi Pelajar LDPM.

Materi pada hari kedua adalah materi Personal Skill oleh Ust. H. Hasridaya Zulkifli, yang merupakan Pimpinan Pondok Pesantren Pramuka Al Hira Kab. Tanah Datar, materi Ibadah oleh Ust. H. Fauzan yang merupakan dosen Ilmu Fiqih, dan materi Menjadi Mahasiswa Mandiri oleh Ust. Achmad Rajab Afandi, SE yang merupakan KCP Bank Syari’ah Mandiri (BSM) Kota Sawahlunto. MOT pada hari kedua ini adalah Al Akh Iswahyudi, ST.

Hari ketiga diisi dengan materi Interpersonal Skill oleh Ust. Arman Husni, Lc. MA dosen Bahasa Arab serta Pengurus Ikatan Da’i Indonesia (IKADI) Payakumbuh dan materi Ibadah Sepenuh Hati oleh Ust. Irwandi Nashir, S.S, M.Pd yang merupakan dosen Bahasa Inggris serta dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Trauma Persepsi Umat yang dipandu oleh MOT sekaligus direktur Lembaga Dakwah Pelajar dan Mahasiswa (LDPM) Bukittinggi Al Akh Fajri Helmi, SP.

Sekolah Mentor hari keempat sekaligus hari terakhir diisi dengan materi  ‘Amal jama’I direncanakan diisi langsung oleh Ust. Dr. Ismail, M.Ag namun karena beliau berhalangan maka materi ‘Amal Jama’i disampaikan oleh Ust. Drs. Khairuddin, M.Pd yang juga Ketua Jurusan Tarbiyah. Dilanjutkan dengan FGD  yang dipandu oleh MOT Al Akh Rifki, S.Pd yang merupakan Ketua Divisi Mahasiswa LDPM Bukittinggi dan Andri Tri Kuncoro, MA. Hari keempat ini ditutup dengan Ifthar Jama’i panitia, peserta, MOT, pemateri dan civitas akademika STAIN Syekh M. Djamil Djambek Bukittinggi.

Semoga kegiatan ini memperoleh berkah dari Allah sehingga dapat memberikan kebermanfaatan dan kebaikan yang terus bertambah dan terus bertambah. Amiin. 

Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkanmu dari azab yang pedih?[10]

(yaitu) kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.[11] (Ash-Shaf : 10-11)

About these ads

Redaktur: Aisyah

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Direktur Lembaga Dakwah Pelajar dan Mahasiswa (LDPM) Bukittinggi

Lihat Juga

Rahmat Bagi Semesta NKRI dan Sentimen Irasional Agama di Dunia