Home / Berita / Daerah / UGM Selenggarakan Dialog Penegakan Hukum dalam Perspektif Islam

UGM Selenggarakan Dialog Penegakan Hukum dalam Perspektif Islam

dmmdakwatuna.com – Ramadhan di Kampus (RDK) UGM mengadakan acara dialog Minggu malam (14/7). Acara yang diselenggarakan di Masjid Kampus (Maskam) UGM ini bertema menyorot penegakan hukum di Indonesia dalam perspektif Islam. Tujuannya untuk memperkenalkan konsep negara hukum dan proses pembuatan hukum di Indonesia dengan tiga pembicara, antara lain Dr. Zainal Arifin Mochtar, S.H., LL.M. (Direktur Pusat Kajian anti Korupsi), Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD, S.H., S.U. (Ketua Mahkamah Konstitusi periode tahun 2008-2013), dan H. M. Luthfie Hakim, S.H.,M.H. (Anggota Komisi Hukum Majelis Ulama Indonesia Pusat).

Acara ini dilaksanakan karena mengingat keadaan Indonesia dengan banyaknya kasus hukum yang terbengkalai. Ketimpangan penegakan hukum Indonesia juga mendasari diadakannya acara ini yang kemudian disorot dari pandangan Islam. Sasaran peserta yang diharapkan adalah mahasiswa dan umum dengan cara persebaran informasi melalui pamflet, liflet, SMS, dan pengumuman setelah shalat tarawih di Maskam UGM.

RDK yang telah dibentuk sejak tiga bulan lalu mempersiapkan kegiatan ini sejak satu bulan terakhir. Meskipun sudah dipersiapkan sejak sebulan lalu tetapi masih mengalami kendala. Kendala tersebut saat mencari pembicara, karena banyak pembicara yang tidak bisa kemudian membatalkan. “Semula acara ini akan dilaksanakan pagi, tetapi ada pembicara yang tidak bisa kemudian dibatalkan, kebetulan pak Mahfud ada jadwal ceramah tarawih, jadi sekalian kita jadikan pembicara.” terang Arini Dina Islamiyati (Biologi 2011) selaku penanggung jawab acara tersebut.

Kegiatan yang bisa dikatakan sukses jika dilihat dari banyaknya peserta masih tetap lumayan banyak. Meskipun tidak ditargetkan secara pasti jumlah pesertanya dan acara nya dimulai sudah agak malam. Acara yang baru dilakukan tahun ini karena tahun lalu bertemakan tentang obrolan permasalahan teknologi, mungkin untuk tahun berikutnya akan kita adakan acara serupa tetapi dengan tema dan segmentasi yang berbeda, serta melihat dengan situasi dan kebutuhan yang disesusaikan saat itu, papar Dina. (sbb/dkw)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Implementasi Perkembangan Praktik Audit Syariah di Bank Islam Malaysia