Topic
Home / Berita / Internasional / Afrika / Ahmad Mansur: Kenapa Memaksakan Harus Baradai?

Ahmad Mansur: Kenapa Memaksakan Harus Baradai?

El Baradei
El Baradei

dakwatuna.com – Beberapa pekan lalu, saya sempat bertemu dengan Ir. Khairat Syatir, wakil Mursyid ‘Am Ikhwanul Muslimin (IM). Beliau kini ditahan bersama dengan para pemimpin IM yang lain.

Saya menanyakan tentang pertemuan dengan dubes Amerika, dubes dan para pemimpin Eropa, yang sering disebut-sebut media.

Beliau menekankan bahwa pertemuan-pertemuan memang benar adanya. Tapi yang mengherankan, mereka semua membawa misi yang sama yaitu mengusulkan agar menempatkan Baradai sebagai perdana menteri menggantikan Hisyam Qandil.

Penempatan Baradai mereka anggap bisa menyelesaikan krisis politik yang terjadi saat itu. Kiranya Barat belum siap untuk kehilangan pengaruh pada posisi-posisi yang vital. Misalnya posisi perdana menteri, jaksa agung, dan lainnya.

Bahkan dalam konstitusi yang baru (yang sekarang dibekukan otoritas kudeta), posisi perdana menteri memang mempunyai kewenangan yang sangat luas, bahkan melebihi seorang presiden.

Jika pos-pos itu ditempati oleh orang-orang yang mau bekerja sama dengan Barat, tentunya keadaan akan sangat berubah. Walaupun tidak sama persis dengan masa rejim Mubarak.

Saat itu saya tanyakan kepada Ir. Khairat tentang jawaban terhadap tawaran mereka. Jawaban beliau, masalah-masalah seperti itu bukan wilayah kami, bahas saja dengan presiden. (msa/sbb/dkw)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Muhammad Jadi Nama Paling Populer di Berlin dan Sejumlah Kota di Eropa

Figure
Organization