Home / Berita / Nasional / Planetarium: Hilal Tak Tampak, Awal Ramadhan Diprediksi Jatuh Rabu

Planetarium: Hilal Tak Tampak, Awal Ramadhan Diprediksi Jatuh Rabu

Ilustrasi (wordpress.com/stmikbujombang)
Ilustrasi (wordpress.com/stmikbujombang)

dakwatuna.comHilal yang menandai awal bulan Ramadhan belum tampak di seluruh wilayah Indonesia pada Senin, 8 Juli 2013. Menurut pengamatan Badan Hisab dan Rukyat Planetarium, tinggi hilal belum mencukupi untuk memasuki Ramadan.

Hal ini disampaikan oleh Cecep Nurwendya, anggota badan hisab Planetarium pada sidang Isbat penentuan awal bulan Ramadhan 1434 H di Gedung Kementerian Agama, Jakarta.

Dalam laporannya, Cecep mengatakan posisi hilal di Pelabuhan Ratu, Jawa Barat, tingginya 0,65 derajat, jarak busur bulan-matahari 4,55 derajat, umur hilal 3 jam 35 menit 52 detik dan illuminasi hilal 0.18 persen. Sedangkan, awal Ramadan baru masuk jika hilal sudah mencapai 2 derajat.

“Maka dari itu dapat disimpulkan, tidak ada kesimpulan hilal terlihat di hari Minggu dan Senin. Hilal tak tampak di seluruh Indonesia,” kata Cecep di sidang yang dihadiri pimpinan ormas Islam dan para duta besar negara sahabat tersebut.

Oleh karena itu, lanjutnya, maka dapat diprediksi bahwa awal bulan Ramadan akan jatuh pada Rabu 10 Juli 2013 mendatang. “Bisa diprediksi awal Ramadan jatuh pada hari Rabu,” ujarnya.

Kendati demikian, penetapan awal bulan Ramadan tetap berada di tangan Menteri Agama, Suryadharma Ali, yang akan diputuskan pada akhir sidang tersebut.

Dalam sidang tersebut, masing-masing wilayah yang melakukan pengamatan rukyatul hilal akan memberikan laporan sebagai dasar penetapan awal puasa Ramadan.

Pantauan hilal akan dilakukan di sejumlah tempat. Di antaranya di Pelabuhan Ratu (Jawa Barat), Cakung (Jakarta Timur), Boscha (Bandung) dan Makasar. (vivanews)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ramadhan Kekinian