Home / Berita / Rilis Pers / Jakarta Ramadhan Week Rangkul Kaum Menengah Urban

Jakarta Ramadhan Week Rangkul Kaum Menengah Urban

ramadhan weekdakwatuna.com – Jakarta.  Tumbuhnya kelas menengah Indonesia, khususnya di perkotaan ternyata juga menarik minat para penggiat dakwah. Menjelang bulan suci Ramadhan, beberapa elemen dakwah Jakarta, meliputi remaja masjid, komunitas dakwah social media, lembaga Cinta Quran, lembaga Indonesia Syiar Network dan Takmir Masjid Agung Al Azhar mengadakan kegiatan syiar dan diskusi agama yang dinamakan Jakarta Ramadhan Week (JRW) 2013.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari (5-7 Juli 2013) di Mall Tebet Green dan Masjid Al Azhar rencananya akan dihadiri dan diresmikan oleh dua tokoh nasional, Jusuf Kalla dan Gubernur DKI, Jokowi.

“Sengaja kami lakukan di Mall agar kegiatan keagamaan ini lebih dekat dengan kaum menengah Jakarta yang banyak mengunjungi pusat perbelanjaan di akhir minggu. Kami harapkan langkah awal ini bisa terus berkembang untuk semakin meningkatkan kualitas keimanan kelas menengah, khususnya para remaja Jakarta,” papar Arisakti Prihatwono yang akrab disapa dengan Rico, ketua penyelenggara Jakarta Ramadhan Week dalam penjelasan tertulis yang disampaikan pada media

Menurut Rico setiap menjelang Ramadhan kegiatan keagamaan memang ramai. Beraneka kegiatan dilakukan setiap Tarhib Ramadhan (menyambut Ramadhan) untuk mengajak orang bergembira menyambut bulan yang penuh berkah dan ampunan. Sekaten di Yogya, Dugder serta Warak Ngendog di Semarang serta banyak kegiatan lain di pelosok Indonesia merupakan contoh bukti kerja keras kaum ulama kita dalam menyemarakkan Ramadhan.

Sesuai perkembangan zaman, konteks kegiatan juga turut berubah. Mall telah menggantikan alun-alun dan menjadi pusat peradaban baru. Gaya hidup selalu diarahkan dari mall. Bentuk fashion, cara menikmati makanan, cara berbelanja bahkan cara berpikir ditularkan melalui gaya hidup mall.

“Kita ingin memanfaatkan mall untuk merangkul kaum menengah, bukan dalam konteks aktivitas konsumtif tapi justru sebagai ruang dakwah dan pendalaman kualitas keimanan”, ujar Rico.

JRW diadakan di mall sebagai pusat peradaban modern dan akan ditutup di Masjid sebagai pusat peradaban bagi kaum muslimin.  JRW ditempatkan dalam kerangka tujuan membangun jembatan antara Mall dan Masjid dan mengharapkan lalu lintas akan mendatangi Masjid sebagai pusat peradaban Islam

Dijelaskannya lebih lanjut para penggagas Jakarta Ramadhan Week menginginkan agar kaum muslim yang mendominasi penduduk Indonesia memiliki daya pembeda dan tidak sekedar mengikuti zaman dan gaya hidup yang menyertainya.

“Rasulullah SAW pernah mengungkapkan bahwa pada suatu saat muslim akan seperti buih di laut. Banyak secara jumlah tetapi tidak mempunyai kekuatan sama sekali yang sama seperti buih. Untuk kepentingan ini Jakarta Ramadhan Week diadakan sebagai salah satu upaya mengisi kaum kelas menengah Islam Indonesia dengan berbagai ilmu tentang Islam,” katanya.

Jusuf Kalla dan Jokowi selain meresmikan Jakarta Ramadhan Week juga akan tampil sebagai pembicara pada diskusi bertema Kepemimpinan Kota ala Madinah Gaya Rasulullah. Selain itu diselenggarakan pula kompetisi Hifzil Quran bagi siswa SD dan SMP untuk hafalan juz 30,
kompetisi Gebyar Remaja Masjid Tauladan bagi usia 17 -23 tahun, penilaian tentang Pengetahuan Islam , Logika Berfikir dan konsultasi hukum gratis dari Law Firm Prihatwono & Partners, NSA Law Office dan Law Firm Mega Yusticia serta alumni Asean Law Students’ Association (ALSA) Universitas Diponegoro

“JRW rencananya akan diadakan tiap tahun dengan akan memperbanyak jumlah mall dan masjid serta organisasi/komunitas dakwah Jakarta. Karena kami percaya muslim Indonesia semakin banyak akan semakin haus dengan nilai agama dalam sebuah kehidupan modern . Sudah seharusnya muslim mempunyai daya tawar dan semakin demanding terhadap produk dan jasa yang ditawarkan kepada muslim Indonesia,” ungkapnya menutup penjelasan.

****

Tentang Jakarta Ramadhan Week 2013:

Kegiatan Jakarta Ramadhan Week 2013 adalah sebuah kegiatan kolaborasi antar elemen dakwah Jakarta dalam menyambut Ramadhan. Dalam hal ini kerjasama antar remaja Masjid (Yisc – Al Azhar, Riska – Sunda Kelapa, Ricma – Cut Meutia), Organisasi Islam Young Islamic Leader (YI-Lead), Lembaga Ar Rahman Quran Learning Centre (AQL), komunitas dakwah social media (@PejuangSubuh, @_AyamBerkokok, @AkhwatSuper), Lembaga CintaQuranID, Lembaga Indonesia Syiar Network dan Takmir Masjid Agung Al Azhar.

Arisakti Prihatwono (Rico)
Ketua Panitia Jakarta Ramadhan Week 2013

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (kiri) bersama Sandiaga Uno (kanan), di Balai Kota, Jumat (12/8/2016). (Foto: fb Kawendra Lukistian)

Terima Kedatangan Sandiaga, Ahok Terus Bicara Soal Isu SARA