Home / Berita / Internasional / Asia / PBB Khawatir Blokade Gaza Berlanjut

PBB Khawatir Blokade Gaza Berlanjut

blokade gazadakwatuna.com – Al-Quds. Laporan khusus dari PBB, Jum’at (5/7) menyebutkan, serdadu Zionis secara masif terus meningkatkan blokadenya ke Gaza. PBB khawatir tindakan tersebut menyulitkan satu juta setengah warga Palestina yang tinggal di Gaza

Kantor koordinator urusan kemanusiaan Palestina OCHA yang berada di bawah PBB mengatakan, tanah pertanian Palestina di Gaza telah rusak akibat blokade yang terus menerus di berbagai bidang lebih dari 35 %nya.

Sementara itu, sebanyak 85 % wilayah penangkapan ikan nelayan rusak parah. Para petani Gaza saat ini tidak bisa menggarap tanah ladang nya, akibat blokade pagar pembatas sejauh 300 meter. Sementara tanah yang di luar areal pembatas pun sangat khawatirkan. Kebanyakan warga takut mendekatinya.

Sebelum bulan Januari 2012 Zionis menerapkan sejumlah peraturan yang menyebabkan hilangnya kesempatan bagi para petani untuk memanfaatkan lahannya seluas 75000 kilometer persegi, senilai 50,2 juta dollar per tahunnya. Sementara itu, hanya sepertiga wilayah yang diperbolehkan bagi para nelayan Palestina yaitu hanya enam mil dari bibir pantai yang sebelumnya 20 mil. Ada sekitar 3500 nelayan yang terdaftar dari 10.000 nelayan yang terdaftar pada tahun 2000. Kebanyakan mereka kini bekerja di bidang industri. Sementara 1300 ton ikan hilang dari peredaran antara tahun 2000 hingga tahun 2012. (asy/infp)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Aksi Solidaritas Palestina oleh LDK SSP STEI SEBI yang berlokasi di Car Free Day, Jakarta. Ahad (27/11/2016).  (Ahmad Jundi Taqiyuddin/LDK SSP STEI SEBI)

Aksi Solidaritas Untuk Palestina di Car Free Day Jakarta