Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Mesir Bergejolak, Perbatasan Rafah Ditutup Hingga Waktu Yang Tak Ditentukan

Mesir Bergejolak, Perbatasan Rafah Ditutup Hingga Waktu Yang Tak Ditentukan

perbatasan rafahdakwatuna.com – Mesir.  Kudeta Militer atas pemerintahan yang sah mulai menimbulkan dampak bagi kebijakan luar negeri Mesir. Pemerintahan transisi Mesir langsung menutup perlintasan darat dengan Jalur Gaza  hari ini Jumat (5/7) setelah terjadi bentrokan di wilayah Arish dan Sinai pagi harinya.

Sumber keamanan menegaskan sebagaimana dilansir Pusat Informasi Palestina bahwa pihak Mesir menyampaikan kepada petugas di perlintasan Rafah Palestina agar menutupnya sampai waktu yang tidak ditentukan.

Sumber keamanan di atas memperkirakan penutupan ini karena faktor situasi keamanan di Rafah Mesir dan wilayah Syekh Zuwaid. Ada sejumlah titik keamanan Mesir mengalami serangan dari kelompok bersenjata yang tidak dikenal. Akibat serangan ini seorang pasukan Mesir tewas dan tujuh lainnya luka-luka.

Terowongan Dihancurkan, Militer Mesir Perkuat Pasukannya di Perbatasan Palestina

Sebelumnya, pasukan Mesir memperkuat eksistensinya di perbatasan dengan Palestina. Sejumlah tank militer tampak menyebar di sana.

Saksi mata menegaskan, militer Mesir menambah tank-tank nya di sepanjang perbatasan Mesir – Palestina sepanjang 14 km. Mereka menambahkan, keberadaan pasukan Mesir ini dibekali dengan senjata senapan.

Pada saat yang sama pula, pasukan keamanan Palestina juga disebarkan di sepanjang perbatasan untuk menjaga perbatasan. Pasukan Mesir sebelumnya telah menutup terowongan-terowongan antara Mesir dan Jalur Gaza yang digunakan untuk memasukkan barang-barang dan bahan bakar ke Jalur Gaza.

Dalam konteks yang sama, sejumlah sumber menegaskan, militer Mesir mulai melakukan operasi penghancuran terowongan-terowongan tersebut.

Koresponden PIP menegaskan, intensitas tank-tank dan mobil militer Mesir di perbatasan ini dilakukan pada saat terowongan-terowongan di sana dihancurkan sejak perkembangan situasi Mesir yang memanas. (bsyr/sinai)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Konflik Air Antara Ethiopia, Sudan, dan Mesir

Figure
Organization