Home / Berita / Nasional / Milad Ke-20, Dompet Dhuafa Gelar Pasar Rakyat

Milad Ke-20, Dompet Dhuafa Gelar Pasar Rakyat

dompet_dhuafa_1dakwatuna.com – Jakarta.  Mengangkat tema Gelombang Ekonomi Zakat (GEZ), Dompet Dhuafa akan menggelar Pasar Rakyat dalam menyambut milad nya yang ke-20. Bertempat di halaman parkir Gedung Arthaloka, Sudirman, Jakarta pada Ahad, (30/6) Juni nanti, Pasar Rakyat akan menghadirkan berbagai stand program pemberdayaan Dompet Dhuafa selama 20 tahun kiprahnya mengangkat harkat kemanusiaan kaum dhuafa.

Dalam Pasar Rakyat tersebut, program ekonomi Dompet Dhuafa akan menghadirkan berbagai produk hasil binaan pemberdayaan Masyarakat Mandiri (MM), Kampoeng Ternak (Kater), dan Pertanian Sehat Indonesia (PSI). Kemudian dari program kesehatan akan memberikan layanan dan informasi kesehatan bagi masyarakat umum.

Selain diramaikan dengan jalan sehat dan sepeda santai, Pasar Rakyat ini juga menghadirkan para artis pendukung, di antaranya Shena Maliana X Factor. Tidak ketinggalan, tersedia berbagai door prize bernilai puluhan juta rupiah.

“Melalui acara Pasar Rakyat ini, Dompet Dhuafa ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat luas umumnya dan muslim khususnya, bahwa potensi dana filantropi Islam (zakat, infak, sedekah, wakaf, dll.) bila dikelola secara maksimal dan profesional dapat mengubah struktur masyarakat,” jelas Presiden Direktur Dompet Dhuafa, Ismail A.Sadi. “Tidak hanya berupa program karitas jangka pendek, tetapi juga program pemberdayaan jangka panjang guna mengubah kondisi kaum papa sehingga dapat berdaya.”

Dalam rangkaian milad tersebut, Dompet Dhuafa juga akan menggelar Refleksi 20 Tahun dan Dompet Dhuafa Award (DD Award) pada Selasa, (2/7) mendatang di Wisma ANTARA, Jakarta Pusat. DD Award ialah sebuah bentuk penghargaan bagi tokoh-tokoh dan program media yang dinilai telah memberikan inspirasi kebajikan bagi masyarakat dan juga telah menunjukkan dedikasi nya yang tinggi bagi bangsa ini.

Ismail menambahkan, tema GEZ dalam rangka milad Dompet Dhuafa ke-20 ini menjadi relevan lantaran zakat menjadi instrumen penting dalam pengentasan kemiskinan. “Sejak awal didirikannya, Dompet Dhuafa menaruh perhatian yang sangat besar terhadap ekonomi keumatan. Nilai-nilai Islam dijalankan Dompet Dhufa sebagai keyakinan bahwa Islam juga mengajarkan dan melestarikan aktivitas ekonomi yang berpihak kepada masyarakat kecil dan menengah,” tambahnya.

Melalui “pameran” Pasar Rakyat ini, Dompet Dhuafa  menyampaikan bukti-bukti empirik yang dapat dilihat masyarakat luas dari program pendayagunaan zakat agar tumbuh kesadaran dan pemahaman bahwa dalam zakat selain memiliki nilai kepedulian, juga terkandung pesan produktivitas dan keadilan.  Diharapkan gelombang kesadaran masyarakat mengenai zakat dan potensi dananya akan semakin bergulir deras sehingga ekonomi yang berkeadilan dan merata dapat terwujud.  (sbb/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Seminar Nasional Milad 19 FLP: Sastra Santun di Era Digital