Home / Berita / Nasional / Sebenarnya, Kita Punya Segalanya Untuk Atasi Kebakaran Hutan

Sebenarnya, Kita Punya Segalanya Untuk Atasi Kebakaran Hutan

habib nabildakwatuna.com – Jakarta.  Anggota Komisi  IV DPR, Habib Nabiel Almusawa menyebutkan, ternyata kita mempunyai segala hal untuk mencegah dan mengatasi kebakaran lahan dan hutan.  Kita punya tim pemadam api Manggala Agni, teknologi rekayasa hujan, bom air, armada pesawat pemadam kebakaran yang terdiri dari tujuh Hercules C-130, CN-235 dan CN-295 serta ribuan satuan tugas pemadam kebakaran.

”Namun sayang segala yang kita miliki itu baru dikerahkan setelah kondisi kebakaran lahan dan hutan demikian parah.  Dalam kondisi yang parah seperti saat ini jelas penanggulangannya berlangsung lebih lama ”, paparnya menanggapi penanggulangan kebakaran dan dampaknya di Provinsi Riau dan sekitarnya.

Kebakaran lahan dan hutan telah memproduksi asap yang sangat mengganggu berbagai sektor kehidupan di dalam dan luar negeri.  Asap tebal telah mengakibatkan penerbangan dibatalkan, sekolah diliburkan, kunjungan wisata berkurang, pengungsian warga, terbakarnya kebun sawit dan hutan tanaman produktif, ketegangan diplomatik dengan negara tetangga dan sebagainya.  ”Kerugiannya tidak ternilai”, ucapnya.

”Memang, tidak ada kata terlambat untuk upaya pemadaman.  Namun mestinya kita bisa mengambil pelajaran dari peristiwa ini”, ujarnya.

”Peristiwa kebakaran lahan dan hutan di Sumatera bukan kali ini saja, sebelumnya sudah berkali-kali.  Di sisi lain kita juga punya segalanya untuk mencegah dan menanggulangi secara cepat kebakaran tersebut.  Tetapi, kebakaran hebat tetap saja terjadi”, tuturnya.

Ke depan, menurutnya,  perlu ada pejabat selain presiden yang ditunjuk dan diberi kewenangan untuk mengerahkan semua yang dimiliki itu.  Pejabat tersebut diberikan wewenang melakukan koordinasi lintas kementerian dan lintas negara untuk mengambil data areal hutan, perusahaan-perusahaan swasta baik asing maupun nasional yang terlibat, dan mengerahkan fasilitas yang ada yang tersebar di berbagai angkatan seperti helikopter dan lain-lain untuk segera memadamkan api.  Pengerahan nya bisa bertahap dan bisa juga sekaligus, tergantung skala kebakaran nya.

”Di negara seperti Amerika, kasus yang seperti ini langsung dipantau real time oleh President.  Semua personil dilibatkan seperti Ranger, Tim SAR, bahkan FBI. Tetapi di negeri kita, jika bicara lintas kementerian, pasti lamban dan memble”, katanya

”Jangan sepele kan titik-titik awal mula api yang berkobar di musim kemarau.  Penanggulangan kebakaran jangan menunggu sampai kobaran api meluas dan memproduksi asap yang mengganggu”, pangkas nya

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Kilang Minyak

DPR Kritisi Terbitnya PMK tentang Diperbolehkannya Swasta Bangun Kilang Minyak