Home / Berita / Nasional / Segera Realisasi kan SPBU Keliling Untuk Nelayan

Segera Realisasi kan SPBU Keliling Untuk Nelayan

SPBU Nelayandakwatuna.com – Jakarta.  Anggota Komisi IV DPR, Habib Nabiel Almusawa menyambut baik rencana pemerintah yang akan menyediakan 1.000 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) keliling untuk memenuhi kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) nelayan.  Namun disesalkan belum ada target waktu dalam realisasinya.

”Bisa mengisi BBM langsung dari SPBU dengan harga resmi merupakan aspirasi nelayan saat  berkunjung ke daerah pemilihan.  Saya yakin, nelayan di seluruh Indonesia memiliki aspirasi yang sama”, paparnya.

Saat harga BBM belum naik saja, lanjutnya, nelayan di lokasi yang tidak ada SPBU harus membeli solar dengan harga di atas harga sekarang.  “Jadi para nelayan di lokasi-lokasi tersebut akan sangat terbantu apabila dilayani langsung oleh SPBU keliling”, tandasnya.

Solar adalah kebutuhan vital bagi nelayan yang dalam operasionalnya menggunakan perahu atau kapal motor.  Sekitar 50 – 70 persen biaya operasional nelayan habis untuk bahan bakar.  “Dengan kenaikan harga BBM, jelas biaya operasional melaut juga naik.  Sementara di sisi lain, tidak mudah menaikkan harga ikan karena daya beli masyarakat juga rendah sebagai dampak kenaikan harga BBM. Jadi saat ini kondisi nelayan sedang kejepit, sedang susah”, tuturnya.

“Karena itu segera realisasi kan rencana SPBU keliling untuk membantu mengurangi kesusahan nelayan kita”, tandasnya.

Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana menyediakan 1.000 SPBU untuk memenuhi kebutuhan BBM nelayan, SPBU tersebut akan dibangun dengan sistem portable atau mobile, sehingga bisa berpindah tempat.  Untuk biaya masih dalam tahap perhitungan dengan PT Pertamina (Persero). Nantinya selain sebagai pelaksana proyek, Pertamina juga bertindak sebagai operator SPBU tersebut.

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Anggota Komisi III DPR RI, Al Muzzammil Yusuf. (IST)

Suara Takbir Bergemuruh di Paripurna DPR, Ada Apa?