Home / Berita / Nasional / Sejumlah Anggota DPR Minta RUU Ormas Ditunda

Sejumlah Anggota DPR Minta RUU Ormas Ditunda

paripurnadakwtuna.com – Jakarta.  Sejumlah anggota DPR meminta Paripurna DPR menunda persetujuan tingkat II RUU Ormas. Pasalnya, masih maraknya perdebatan terhadap sejumlah pasal dan ayat di dalam RUU tersebut.

Hal itu mengemuka saat Paripurna DPR mengagendakan persetujuan tingkat II mengenai RUU Ormas, dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan, Gedung Nusantara II, Selasa, (25/6).

“Kalau mencermati rancangan RUU Ormas, sebelum dilempar ke Fraksi dari sisi asas bab 2 pasal 2, asas ormas tidak bertentangan dengan Pancasila dan UUD 45 Ormas dapat mencantumkan ciri tertentu dan kehendak Ormas yang tidak bertentangan dengan UUD 1945 tersebut.ini rumusan yang tidak mendasar dan multi tafsir,” ujar anggota DPR dari Partai Hanura Syarifudin Suding saat Rapat Paripurna DPR.

Suding menyoroti sanksi yang tidak tercantum jelas di dalam RUU Ormas terkait larangan bagi Ormas asing. “di bagian sanksi ada larangan namun tidak ada sanksi yang dikenakannya,” paparnya.

Anggota DPR dari Partai Golkar Nurdiman Munir meminta Pansus segera mengklarifikasi mengapa masih saja ada penentangan dari Muhamadiyah dan NU. “Kita harus menghargai jasa-jasa Ormas yang berdiri lama sebelum Indonesia merdeka, ini harus secara jelas tercantum dalam RUU Ormas, RUU Ormas ini melanggar dari prinsip legal drafter” tambahnya.(si/dgi)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

((kominfo.go.id)

Terkait Perpanjangan Siaran TV Swasta, DPR Minta Kemkominfo Objektif dalam Mengambil Keputusan

Organization