Home / Berita / Daerah / Ratusan Ribu Pelajar Padang Ikut Pesantren Ramadhan

Ratusan Ribu Pelajar Padang Ikut Pesantren Ramadhan

Ribuan Pelajar Kota Padang Kumpul Pada Pencanangan Pesantren Ramadhan (inet)
Ribuan Pelajar Kota Padang Kumpul Pada Pencanangan Pesantren Ramadhan (inet)

dakwatuna.com – Jakarta. Pemerintah Kota Padang menyatakan kegiatan pesantren Ramadhan 1432 Hijriyah, akan diikuti sebanyak 160.000 pelajar mulai tingkat Sekolah Dasar (SD), hingga sekolah lanjutan tingkat atas di daerah itu.

Kabag Kesra Pemkot Padang Al Amin di Padang, Jumat (21/6), mengatakan, untuk pesantren Ramadhan tahun ini, jumlah pesertanya mencapai 160.000 orang, yang berasal dari seluruh pelajar baik SD, SMP, maupun SMA atau SMK.

“Pesantren Ramadhan bertujuan untuk mendalami ilmu agama selama bulan suci umat Islam bagi para pelajar, dimana akan berlangsung selama 20 hari, dan juga sekaligus pengganti pelajaran formal di sekolah,” kata Al Amin.

Pesantren tersebut akan dimulai 13 Juli sampai 5 Agustus 2013 bertema Akhlaqul Karimah, dengan tujuan agar para peserta didik dapat menjalankan dan mengaplikasikan akhlaq yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

Pesantren tersebut akan dilaksanakan di masjid dan mushala di 104 kelurahan yang di daerah itu. Untuk tenaga ajar Pemkot Padang telah memberikan pelatihan kepada 290 pengurus tempat ibadah tersebut, serta melibatkan pihak sekolah.

Pesantren Ramadhan  juga merupakan program tahunan yang dilakukan pemerintah daerah setempat. Sejak tahun 2010 telah diperkuat dengan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bagi semua tingkatan.

Sejak tahun lalu pembelajaran dimantapkan dengan menyediakan bahan ajar sehingga guru pengajar diharapkan lebih maksimal dalam mencapai tujuan pendidikan. Sehubungan dengan itu, pada pelaksanaan tahun 2013 ini, Pemkot Padang juga menyediakan anggaran Rp2 milyar. (dkw/asi/rol)

About these ads

Redaktur: Samin B

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi. (inet)

Khutbah Idul Fitri 1437 H: Nyalakan Iman Dalam Kehidupan, Refleksi Ibadah Puasa Ramadhan

Organization