Home / Berita / Daerah / Irwan Prayitno: MES Sumbar Agar Lebih Aktif Sosialisasikan Ekonomi Syariah

Irwan Prayitno: MES Sumbar Agar Lebih Aktif Sosialisasikan Ekonomi Syariah

messumbardakwatuna.com – Padang. Perkembangan sistem ekonomi syariah sudah mulai mengglobal di beberapa negara Timur Tengah, Jerman, Australia dan lainnya. Ini menandakan orang melihat pilihan untuk perkembangan ekonomi yang lebih baik.  Di daerah minoritas muslim kepengurusan Bank Syariah juga diisi oleh orang non-muslim dan sudah banyak orang-orang non-muslim memasukkan modalnya ke bank syariah.

Ini disampaikan Gubernur Irwan Prayitno dalam sambutannya pada acara Pelantikan Pengurus Wilayah Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat Periode 1433-1436 H, di aula BI, Rabu pagi (19/6). Hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati /Walikota, tokoh dan pakar ekonomi Sumbar, Kepala BI cabang Sumbar, Kepala Bank Nagari serta beberapa kepala SKPD di lingkungan Pemprov. Sumbar.

Lebih lanjut Gubernur Irwan Prayitno menyampaikan, Sumatera Barat dengan filosofi ABS-SBK sangat cocok dengan sistem perekonomian syariah ini, karena itu kita berharap pengurus MES Sumbar dapat lebih aktif meningkatkan sosialisasi sistem bank syariah ini.

Saat ini sistem ekonomi syariah bukan lagi jadi alternatif dari sistem bank konvensional yang lebih bersifat kapitalis. Sistem ekonomi syariah sesungguhnya sesuatu yang penting dalam ajaran perekonomian yang dikembangkan Nabi Muhammad SAW sebagai upaya mendapat berkah dan saling menguntungkan.

Sistem bank syariah telah dikenal selama lebih dari 10 tahun di Indonesia, dan dari waktu ke waktu terus memperlihatkan peningkatan yang menggembirakan. Dari data sementara pertumbuhan perbankan ekonomi syariah baru mencapai- 5-6 persen, oleh karena itu perlu kita dorong lebih kuat lagi bagaimana sistem bank syariah ini dapat mendominasi, sehingga sistem perekonomian kapitalis dapat ditekan untuk kesejahteraan masyarakat yang lebih baik, ajak nya

Irwan juga menyampaikan harapan pengurus MES  Sumbar yang baru dengan berbagai latar belakang pengalaman dan pengetahuan profesional, tentunya dapat mengembangkan sistem bank syariah ini lebih baik lagi di masa-masa mendatang.

Kita amat yakin Ketua MES Sumbar, akan mampu berkontribusi bersama kawan-kawan pengurus lain dalam mewujudkan kemajuan sistem bank syariah di ranah Minang ini. Dari beberapa kenyataan telah banyak orang -orang non-muslim memanfaatkan sistem syariah ini, dan mereka merasa nyaman menyimpan dan berinvestasi, ungkapnya. (sbb/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad.  - Foto: indonesiarayanews.com

OJK: Sistem Syariah Berkontribusi Terhadap Kestabilan Perekonomian