Home / Narasi Islam / Resensi Buku / Kuliah Kelar Bisnis Lancar

Kuliah Kelar Bisnis Lancar

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

buku bisnisJudul: Masih Mahasiwa Berjibun Duitnya

Penulis: Agus N. Cahyo

Penerbit: FlashBooks (Diva press)

Cetakan: Pertama, Mei 2013

Tebal: 160 halaman

ISBN: 978-602-7933-07-1

dakwatuna.com Banyaknya angka pengangguran di negara kita ini seakan tidak pernah berkurang. Hal itu dikarenakan sulitnya mencari pekerjaan dan banyaknya perusahaan yang bangkrut akibat persaingan bisnis dimana-mana. Seorang mahasiswa dituntut untuk menjadi sosok yang kreatif yang dapat menciptakan pekerjaan sendiri agar setelah lulus kuliah tidak menambah angka penganngguran.

Suksesnya kuliah selain aktif belajar juga dipengaruhi biaya perkuliahan yang tercukupi. Bagi orang tua yang mampu, hal itu tidak menjadi masalah. Akan tetapi bagi orang tua mahasiswa yang tidak mampu maka, hal itu menjadi masalah yang serius.

Buku yang ditulis Agus N. Cahyo berusaha memberikan solusi dari masalah yang dihadapi oleh mahasiswa yang kesulitan dalam biaya perkuliahan atau pekerjaan. Di dalam buku ini juga, Anda akan menemukan berbagai bentuk ide kreatif  bisnis dari usaha jasa maupun barang yang menjanjikan dengan modal kecil. Bahkan, Anda akan menemukan beberapa ide kreatif dari background studi Anda. Ini bisa Anda temukan pada bab terakhir dalam buku ini yang mengulas mengenai ragam ide bisnis kreatif dari bidang studi mahasiswa, seperti dari jurusan bahasa, biologi, komputer, dan lain sebagainya (hal. 12).

Adapun diantara contoh ide kreatif dari bidang studi mahasiswa yaitu menjadi penulis lepas atau  freelance. Menjadi penulis lepas selain modal kecil juga menambah wawasan serta membangun nama di media masa. Banyak media cetak maupun online yang siap menampung dan “membeli” gagasan-gagasan Anda dalam berbagai bentuk. Mulai dari artikel, esai, resensi buku, cerpen, puisi, maupun catatan khusus yang disediakan oleh koran. Peluang tersebut semakin besar karena belakangan ini media cetak tumbuh dengan begitu cepatnya. Modal menjadi penulis hanyalah belajar, rajin membaca buku dan senang dengan menulis. Honor yang diperoleh pun berbeda-beda tergantung jenis tulisannya dan media yang memuat tulisan kita. Mulai dari Rp50.000 sampai Rp1000.000 (hal. 142-145).

Di dalam buku ini juga disajikan beberapa hal yang penting yang dibutuhkan dalam bisnis. Mulai dari peluang usaha, cara memulai usaha, hal-hal penting yang perlu dipersiapkan, cara membuat jenis barangnya, sampai pada perkiraan keuntungan dan simulasinya. Sehingga, ide bisnis kreatif ini bisa dipraktekkan oleh masiswa.

Semua bisnis yang ada di dalam buku ini adalah bisnis yang menjanjikan dan bermodalkan seukuran kantong mahasiswa. Sehingga para mahasiswa bisa mempraktikkannya tanpa ragu-ragu lagi memulai bisnis ini. Apabila kita mempraktikkan ide-ide kreatif yang ada di dalam buku ini, niscaya kita akan menjadi mahasiswa yang berpenghasilan dan mandiri tidak lagi tergantung pada orang tua. Yang pada akhirnya kuliah kita kelar dan bisnis kita lancar.

Selamat membaca….

About these ads

Redaktur: Aisyah

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 8,33 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Pengajar di SD IT Tarbiatul Aulad, tinggal di Barabai, Kalimantan.

Lihat Juga

Ilustrasi. (topyaps.com)

Kritik Kajian Sejarah Faraq Fouda Dalam Buku Al-Haqaiq Al-Ghaibah (Bag ke-2): Seputar Khilafah Utsman Bin Affan