Home / Berita / Internasional / Asia / Mesir Putus Hubungan Diplomatik dengan Suriah

Mesir Putus Hubungan Diplomatik dengan Suriah

mursi suriahdakwatuna.com – Kairo.  Presiden Mesir Muhammad Mursi, telah mengumumkan bahwa Mesir telah memutus hubungan diplomatik dengan Suriah dan telah memerintahkan Kedutaan Besar Suriah di Kairo agar ditutup.

Mursi mengatakan pada ribuan pendukungnya pada hari Sabtu bahwa pemerintah juga menarik kedutaan Mesir dari Damaskus.

Seperti dikutip dari situs Aljazeera, Mursi juga menyerukan kelompok bersenjata Hizbullah Lebanon untuk meninggalkan Suriah, dimana kelompok itu telah berjuang bersama pasukan yang setia kepada Presiden Bashar al-Assad terhadap pasukan pejuang.

“Kami berdiri melawan Hizbullah dalam agresi terhadap rakyat Suriah,” kata Mursi. “Hizbullah harus meninggalkan Suriah – ini adalah kata-kata yang serius, tak ada lagi ruang atau tempat untuk Hizbullah di Suriah..”

Presiden Mesir juga menyerukan kepada masyarakat internasional untuk menerapkan zona larangan terbang di atas Suriah, dimana PBB mengatakan bahwa lebih dari 93.000 orang telah tewas sejak pemberontakan rakyat meningkat menjadi perang saudara lebih dari dua tahun yang lalu.

Aksi yang Mursi tujukan pada Sabtu diserukan oleh para pendukungnya  yang setia kepada presiden Mesir untuk menunjukkan solidaritas pada rakyat Suriah. Namun, Mursi juga menggunakan kesempatan itu untuk memperingatkan lawan-lawannya di Mesir tentang adanya penggunaan kekerasan dalam protes massa yang rencananya akan dilaksanakan pada 30 Juni nanti.

Mursi menegaskan bahwa aksi protes yang direncanakan akan dilakukan pada akhir bulan ini didalangi oleh rezim Hosni Mubarak yang tidak terima saat Mubarak digulingkan pada Januari 2011. (nn/mina)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 9,33 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

PM Rusia, Dmitry Medvedev dan PM Israel Benyamin Netanyahu. (aljazeera.net)

Rusia dan Israel Sepakat Terkait Nuklir Iran