Home / Berita / Nasional / Din Syamsuddin: Partai Islam Harus Bersatu dan Membangun Koalisi

Din Syamsuddin: Partai Islam Harus Bersatu dan Membangun Koalisi

Din Syamsuddindakwatuna.com – Jakarta.  Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah, Din Syamsuddin, Minggu 16 Juni 2013, menyerukan persatuan bagi seluruh partai berbasis massa dan ideologi Islam. Menurut Din, bila persatuan itu terwujud, maka Partai Islam pun bisa mengusung calon presiden sendiri.

“Kalau mereka bersatu mendapatkan suara 25 persen ke atas, maka lebih tinggi dari Partai Demokrat dan partai-partai lain, bisa mengusung presiden,” ujar Din saat memberi sambutan dalam pengajian politik di Universitas Al Azhar, Jakarta.

Din meyakini bahwa perolehan suara partai-partai Islam cukup potensial jika digabungkan. Rujukannya adalah kekuatan politik umat muslim di Indonesia yang sangat besar saat mendukung Partai Masyumi di pemilu orde lama.

“Suara Partai Islam paling tinggi adalah zaman Masyumi, 43 persen. Kemudian PPP 30 persen di zaman orde baru, tapi pemilu nya tidak demokratis. Awal reformasi 39 persen. 2004 turun, dan 2009, 25 persen,” kata Din.

Din berharap agar partai-partai Islam saat ini bersedia duduk bersama dan membangun koalisi strategis. Koalisi tersebut tidak lantas melikuidasi eksistensi masing-masing partai.

“Koalisi ini tidak bisa terjadi kalau masing-masing egois,” kata Din.

Menurut Din, partai Islam pada pemilu 2009 lalu cenderung membangun koalisi yang tidak bermanfaat.

“Apa yang ditampilkan seolah-olah pro rakyat tapi mereka memilih opsi yang tidak ada hubungannya dengan kepentingan rakyat,” kata Din. (ma/vvn)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (12 votes, average: 9,92 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • YoPs

    daripada koalisi, kenapa tidak lebur saja menjadi 1 partai. kan yang diwakili sama2 ideologi Islam. mungkin dengan begitu, perolehan suaranya tidak ‘pecah’

  • mamase

    emangnya hatta rajasa mau cerai sama besannya???

  • Ghie Grill

    ANDAI SAJA PARTI islam ga berbentuk koalisi .pasti menang kyk turky, buktikan negara indonesia negra terbesar di dunia ISLAM nya bersatu… tidak kyk gini ,
    .

Lihat Juga

PM Najib dan Presiden PAS (themalaysianinsider.com)

Tiga Politisi Senior PAS Menentang Wacana Koalisi dengan UMNO

Organization