Topic
Home / Berita / Nasional / Menhub: BBM Naik, Tarif Angkutan Umum Dipastikan Naik

Menhub: BBM Naik, Tarif Angkutan Umum Dipastikan Naik

bbm naik tarif naikdakwatuna.com – Jakarta. Dampak dari kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bukan hanya merambah ke kebutuhan pokok saja, namun juga berdampak pada tarif angkutan umum.

Menteri Perhubungan EE Mangindaan memastikan terjadi kenaikan tarif angkutan umum setelah harga baru BBM bersubsidi diumumkan dalam waktu dekat ini. Tarif transportasi yang terpengaruh oleh peningkatan harga BBM adalah laut, darat, dan kereta api.

Mangindaan mengatakan, peningkatan tarif angkutan penumpang kelas ekonomi dengan masing-masing kewenangan sesuai dengan batas administrasi. ”Batas bawah 10 persen dan teratas 20 persen,” kata dia di Kementerian Perhubungan, Kamis (13/6).

Kenaikan itu, kata Mangindaan, tak bisa dielakkan terkait kenaikan BBM bersubsidi. Pasalnya kendaraan-kendaraan tersebut mengalami dampak langsung kenaikan tersebut. Tetapi pemerintah sudah menyiapkan Sejumlah langkah antisipasi untuk mencegah kenaikan yang berlebihan. Pertama, pihaknya sudah melakukan evaluasi tarif, terutama perhitungan biaya-biaya pokok yang berkaitan langsung dengan harga BBM.

Kedua, lanjut Mangindaan, kenaikan tarif angkutan diusahakan bertahap. Langkah ini diambil apabila beban biaya masih terlalu tinggi. Ketiga, koordinasi dengan para pemangku kepentingan, masing-masing direktorat jenderal (ditjen) khususnya Ditjen Darat, Ditjen Perkretaapian, dan Ditjen Perhubungan Laut. Mereka akan melakukan koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan untuk menyamakan persepsi dalam mengantisipasi kenaikan harga BBM.

Keempat, sambung dia, penambahan subsidi (PSO) untuk pelayanan angkutan keperintisan, kereta api dan laut. Kelima, keringanan tarif pelabuhan atau angkutan laut dan penyeberangan. Hal ini untuk mengurangi beban para penyelenggara angkutan. Keringanan direncanakan akan diberikan  untuk jasa kepelabuhan seperti jasa tambat dan sandar. ”Namun semua hal itu masih akan dirapatkan dengan seluruh moda dan BUMN,” jelas dia. (awr/dm/rol)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ramadhan: Mendidik Untuk Optimis

Figure
Organization