20:46 - Senin, 22 Desember 2014

MUI dan Organisasi Islam Sepakat Awal Puasa pada 9 Juli 2013

Rubrik: Nasional | Kontributor: dakwatuna.com - 13/06/13 | 22:57 | 04 Shaban 1434 H

ramadhandakwatuna.com – Jakarta.  Majelis Ulama Indonesia (MUI) bersama dengan Organisasi Islam menggelar pertemuan untuk membahas penetapan awal Ramadhan 1434 Hijriyah.

Disepakati, awal bulan puasa atau 1 Ramadan 1434 Hijriyah jatuh pada 9 Juli 2013. Penetapan itu sesuai dengan suara mayoritas dalam menentukan hari pertama umat Islam berpuasa.

Demikian dikatakan Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Amirsyah Tambunan di Kantor MUI, Jakarta Pusat, Kamis (13/6). Keputusan MUI bersama organisasi Islam lain itu. Keputusan ini serempak dengan penetapan Pengurus Pusat Muhammadiyah yang juga sudah menetapkan bahwa awal puasa jatuh pada tanggal 9 Juli 2013.
Namun, cara menentukannya berbeda. Ada yang melakukan hitungan hisab atau rukyat, Ada pula yang melihat bulan baru alias hilal.
Amirsyah berharap tak ada kelompok yang memiliki penetapan berbeda. Karena, penetapan MUI itu sesuai dengan kesepakatan suara mayoritas organisasi Islam. Ia pun berharap pemerintah segera mengumumkan penetapan tersebut.

 

Semoga keseragaman penetapan awal puasa oleh MUI dan Muhammadiyah ini menjadi angin segar bagi umat Islam yang tidak lama lagi akan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. (lb/sbb/mtn/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Topik:

Keyword: , , , ,


Beri Nilai Naskah Ini:

Nilai 1Nilai 2Nilai 3Nilai 4Nilai 5Nilai 6Nilai 7Nilai 8Nilai 9Nilai 10 (109 orang menilai, rata-rata: 8,81 dalam skala 10)
Loading...Loading...


Akses http://m.dakwatuna.com/ dimana saja melalui ponsel atau smartphone Anda.
Iklan negatif? Laporkan!
  • Riser Fahdiran

    karena di message tidak dijawab oleh admin, jadi saya komen disini supaya para pembaca lain bisa mengerti sebelum menshare berita ini…

    saya sarankan Dakwatuna coba cek ulang dengan MUI apakah MUI sudah ada keputusan, sedangkan MUI mengikuti sidang itsbat dan baru berlangsung sidang itsbat di bulan juli…

    kalau ada pembaca yang mau share berita ini harap dipikir ulang, tujuan dakwatuna mungkin bagus untuk menyatukan…tapi faktanya belum berjalan…di web mui tidak ada statemen tsb…

  • Ryant D’secret

    benar juga dengan komentarnya akhi Riser Fahdiran, hampir saja ana share berita ini di time line FB ane….

  • http://www.gantilcdlaptop.com/ maskur

    Siap untuk puasa…Mohon maaf lahir batin ..www.bitacom.asia tempat jual sparepart laptop

  • azis

    wah ini bukan pemersatu tp pemecah belah

  • KakangeAdiku

    Ngantuk ya mas, bikin berita bohong, nyebar fitnah. apa ndak sampeyan pikir dulu.

Iklan negatif? Laporkan!
104 queries in 1,434 seconds.