Home / Berita / Nasional / Rumah Zakat Kembali Dukung Ekspedisi Bhakti Kesra Nusatara

Rumah Zakat Kembali Dukung Ekspedisi Bhakti Kesra Nusatara

Relawan Rumah Zakatdakwatuna.com – Jakarta.  Rumah Zakat kembali berpartisipasi mensukseskan Ekspedisi Bhakti Kesra Nusantara bersama Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kemenko Kesra). Peserta ekspedisi dilepas langsung dalam upacara pelepasan oleh Menko Kesra, Agung laksono pada Selasa(11/6).

“Ini kedua kalinya Rumah Zakat mengikuti ekspedisi Bhakti Kesra Nusantara. Tahun lalu kami mengutus 4 relawan. Kali ini kami mengutus 8 relawan,” ujar Nur Efendi, Chief Executive Officer Rumah Zakat. Seluruh peserta mengikuti upacara pelepasan di Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Ekspedisi ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pulau terluar Indonesia. Untuk mensukseskan visi tersebut, Rumah Zakat berkontribusi menyalurkan 75.600 paket kornet Super Qurban, 18.000 paket Siaga Gizi, dan 9000 paket buku iqra, doa-doa, dan tuntunan shalat. “Kami mengutus satu unit Mobil Juara sebagai perpustakaan keliling untuk menambah wawasan masyarakat di sembilan pulau terluar di Indonesia. Satu unit Mobil Sehat juga dikirimkan untuk memberikan pelayanan kesehatan baik bagi peserta ekspedisi maupun bagi masyarakat di pulau-pulau tersebut.” Tutur Nur Efendi.

Ekspedisi yang dilaksanakan selama 30 hari ini akan menyusuri sembilan pulau terluar di wilayah Indonesia Barat dan Timur. Perjalanan akan dimulai dengan mengunjungi Pulau Siberuk dan Pulau Sipora selama 10 hari di wilayah Indonesia Barat. Dari sana ekspedisi dilanjutkan ke wilayah Indonesia Timur, yaitu Pulau Tello, Pulau Kayuwadi, Pulau Alor, Pulau Rote, Pulau Sabu, Pulau Sumba, dan Pulau Komodo. Perjalanan di wilayah Indonesia Timur akan berlangsung selama 20 hari. Bantuan yang dititipkan para donatur akan disalurkan secara merata di sembilan pulau tersebut.

Ekspedisi yang menggunakan KRI Banda Aceh merupakan kegiatan koordinasi Kemenkokesra dengan berbagai pihak, mulai dari TNI-AL, Kementerian/Lembaga dan berbagai LSM, salah satunya adalah Rumah Zakat.

“Nilai keseluruhan bantuan yang berhasil dihimpun Rumah Zakat dan akan disalurkan pada ekspedisi Bhakesra yaitu Rp3,4 milyar,” ujar Herlan Wilandari, Regular Program Management Div. Head Rumah Zakat. Selain bantuan sosial, dalam ekspedisi ini akan dilaksanakan pasar murah, penyuluhan dan hiburan. (sbb/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

RZ (Rumah Zakat) cabang Makassar menyalurkan 510 kornet Superqurban di Kampung Nelayan, Kelurahan Untia, Kecamatan Biringkanayya. (Rena/RZ)

RZ Salurkan 510 Superqurban di Kampung Nelayan

Figure
Organization