Topic
Home / Berita / Internasional / Eropa / Erdogan: Kondisi Turki Sudah Tenang

Erdogan: Kondisi Turki Sudah Tenang

Perdana Menteri Turki, Erdogan (inet)
Perdana Menteri Turki, Erdogan (inet)

dakwatuna.com – Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa situasi di negaranya saat ini mulai reda dan tenang. Erdogan menduga ada beberapa oknum politikus oposisi yang menghasut dan memprovokasi para pengunjuk rasa.

“Situasi di Turki kini mulai tenang. Sekembalinya saya dari kunjungan ini, permasalahan akan diselesaikan,” kata perdana menteri itu dalam jumpa pers di Rabat lalu.

“Partai Rakyat Republik dan pihak oposisi lainnya berperan dalam peristiwa itu,” katanya ketika berbicara di sebelah Perdana Menteri Maroko, Abdelilah Benkirane.

Para demonstran di Turki mulai melakukan aksi pada Jumat dengan menentang rencana pembangunan sebuah taman di pusat kota Istanbul, tetapi kemudian aksi protes berlanjut dengan agenda menentang pemerintah yang kemudian menyebar ke beberapa kota di seluruh negeri. Pihak kepolisian Turki segera merespon aksi protes itu dengan tindakan tegas.

Setidaknya satu orang demonstran remaja tewas sejak pergolakan itu terjadi, berdasarkan keterangan medis, dan ratusan orang terluka dalam bentrokan antara polisi dan demonstran.

“Awalnya aksi protes disebabkan oleh masalah pepohonan (ruang hijau), tetapi pemrotes dihasut oleh mereka yang kalah dalam pemilu,” kata Erdogan. (usb/sni)

Redaktur: Samin Barkah

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 10.00 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Haniyah: Israel Berniat Bunuh Semua Demonstran di Gaza

Figure
Organization