Home / Berita / Daerah / Mobil Juara, Perpustakaan Berjalan Untuk Anak-Anak Solo

Mobil Juara, Perpustakaan Berjalan Untuk Anak-Anak Solo

Launching Mobil Juara Solo
Launching Mobil Juara Solo

dakwatuna.com – Solo.  Rumah Zakat melaksanakan launching Mobil Juara. Peluncuran mobil yang merupakan perpustakaan berjalan bagi anak-anak di Solo ini dilaksanakan oleh Kepala Dinas DIKPORA Surakarta, Etty Retnowati. Peresmian ditandai dengan pemotongan pita dan penerbangan balon Launching Mobil Juara. Acara launching ini juga dimeriahkan pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah, lomba mewarnai, pentas seni dan story telling.

Acara Launching dimulai pukul 08.00 WIB dimulai dengan tasmi’ QS. Ar Rahman oleh Muhammad Anshori salah peserta bea siswa tahfizh. Anak-anak PAUD mengikuti lomba mewarnai sementara para orang tua antusias mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis dan donor darah serta menikmati fasilitas Mobil Juara.

Mobil Juara adalah sumber belajar bergerak yang diperuntukkan bagi wilayah binaan Rumah Zakat dan umumnya anak-anak Indonesia yang membutuhkan pencerahan dalam dunia pendidikan. Sumber belajar dalam Mobil Juara meliputi buku bacaan, CD educative dan perangkat komputer yang terhubung ke internet. Program pembelajaran dirancang untuk mengembangkan seluruh potensi kecerdasan. Program pelayanan pendidikan ini diberikan secara gratis. Tujuan dari program ini diantaranya untuk mengenalkan cinta membaca sejak dini, memberantas buta aksara bagi masyarakat di daerah tertinggal, bersinergi dengan pegiat sosial untuk mencerdaskan masyarakat, memfasilitasi belajar di luar sekolah, menyebarkan informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan seni sesuai perkembangan usia anak.

“Walau belum resmi di launching, sudah melakukan kunjungan ke Yayasan Lailatul Qodar, Ban Mati, Sukoharjo, para murid dan guru sangat antusias menikmati layanan fasilitasnya. Sudah ada beberapa permintaan untuk mendapat kunjungan mobil juara diantaranya di Ngesrep-Ngemplak-Boyolali, Selokaton-Gondangrejo-Karanganyar, Njantran-Masaran-Sragen, dan Serengan-Surakarta,” ujar Mei Widuri, Branch Manager Rumah Zakat Solo.

Mobil Juara akan melakukan kunjungan rutin sekali dalam sepekan, selama 3 bulan untuk satu titik lokasi. Program yang dilakukan antara lain penyuluhan, membaca buku, story telling, menonton film secara interaktif melalui komputer/ tv plasma, bermain dengan berbagai permainan educative, belajar menggunakan internet dengan bertanggung jawab, pemberian makanan tambahan, pemberian door prize dan berbagi hijau/tanaman.

“Mobil Juara saat ini sudah hadir di tiga kota yaitu Solo, Makasar, dan Jakarta Selatan. Keberadaan Mobil Juara di kota Solo ini diharapkan dapat menjadi nafas baru bagi kemajuan pendidikan di Kota Solo untuk terus mencerdaskan anak negeri,” kata Lisana Widi, Nonformal Education Regional Jatim-Jateng. (lp/rzi/dakwatuna)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Para pelajar mengikuti Seminar Inspiring Quran dan Belajar Tahsin yang diselenggarakan oleh Lembaga Peduli Remaja (LPR) Kriya Mandiri Solo pada hari Ahad (24/6/2015) di masjid Abu Bakar Jajar, Solo. (Arif A)

Pelajar SMA di Solo Ikuti Seminar “Inspiring Alquran”

Organization