Home / Berita / Internasional / Australia / Ditemukan, Danau ‘Bak Mandi Tuhan’ Berusia 7000 Tahun

Ditemukan, Danau ‘Bak Mandi Tuhan’ Berusia 7000 Tahun

bak mandi tuhandakwatuna.com – Sydney.  Tim peneliti dari University Adelaide di Australia menemukan sebuah danau yang dijulukinya sebagai “Bak Mandi Tuhan”. Air pada danau tersebut tidak pernah ter jamah sedikit pun oleh berbagai aktivitas manusia ataupun perubahan iklim selama ini.

Danau ini memiliki kedalaman hingga 32 kaki atau sekira 10 meter. Tapi, uniknya dasar danau tersebut dapat terlihat dengan jelas dari atas permukaannya, seperti dikutip dari Softpedia, Rabu (5/6/2013).

“Ini seperti “Bak Mandi Tuhan” yang sangat indah. Karena tidak pernah tersentuh oleh apapun dan kemurnian air nya terjamin dari dulu hingga sekarang. Tak dapat diungkapkan dengan kata-kata, karena sangat indah,” ungkap salah seorang peneliti, Dr. Cameron Barr pada The Examiner.

Tim peneliti menduga danau ini terbentuk pada tujuh abad yang lalu. Dilihat dari kadar air danau, peneliti mengungkapkan bahan kimia nya tidak pernah mengalami perubahan sedikit pun sejak awal terbentuk hingga saat ini.

“Kami menemukan bahwa danau yang terletak di sebuah pulau lepas pantai Queensland ini relative tidak tersentuh oleh perubahan iklim selama 7000 tahun terakhir. Tak hanya itu, kami juga bisa katakan danau ini sama sekali tidak terkena dampak apapun dari aktivitas manusia,” jelas Barr dalam sebuah pernyataan resminya di situs University of Adelaide.

Rupanya, danau yang dinamakan Danau Biru (Blue Lake) selama berabad-abad lamanya menjaga kemurnian air nya dengan cara melakukan pembaruan perairan nya. Dengan demikian, “Bak Mandi Tuhan” ini akan mengalirkan air nya ke rawa-rawa setiap kali memperbarui kandungan air nya.

Tidak hanya keindahannya itu saja yang membuat peneliti terkesima, mereka juga mengklaim bahwa Danau Biru ini juga baik untuk menjadi tempat ‘berlindung’ bagi biota air tawar di wilayah tersebut. Terlebih dengan proses alamiah nya tersebut, danau ini diperkirakan tidak akan mengalami perubahan sedikit pun selama ratusan atau bahkan ribuan tahun mendatang. (aws/okz)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (9 votes, average: 9,56 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

LSM Muslim Australia berikan bantuan kemanusiaan kepada pengungsi Rohingya. (islammemo.cc)

Bulan Ramadhan, Muslim Australia Beri Bantuan Fakir Miskin Indonesia dan Pengungsi Rohingya

Organization