Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Aktivis Palestina Sedunia Gelar Aksi Damai

Aktivis Palestina Sedunia Gelar Aksi Damai

gmj 2013dakwatuna.com – Yordania. Pengurus Pusat Global March to Jerusalem (GMJ) di Yordania menyatakan, para aktivis peduli Palestina sedunia dijadwalkan menggelar aksi damai menuntut pembebasan Yerusalem, Palestina dari penjajahan Zionis Israel, usai shalat Jumat (7/6).

Aksi menandai peringatan ke-46 pendudukan bagian timur kota suci Yerusalem, yang meliputi kawasan Masjid Al-Aqsa dan sekitarnya.

“Kita ingin terus meningkatkan kesadaran global tentang kejahatan penjajahan Zionis Israel terhadap Palestina serta terus membuka mata dunia terhadap pelanggaran-pelanggaran yang terus meningkat terhadap kota suci Al-Quds,” kata Zaher Birawi, yang memimpin GMJ melalui Jalur Gaza.

Menurut pantauan Kantor Berita Islam MINA (Mi’raj News Agency), GMJ merupakan salah satu langkah global menggerakkan demonstrasi massa damai di Palestina, di negara-negara tetangga Palestina, di daerah-daerah atau titik terdekat Yerusalem, serta di kota-kota besar di seluruh dunia.

“Bagaimana kita diam saja tidak bergerak, sementara Zionis Israel terus membangun permukiman ilegal, menghancurkan rumah warga saudara-saudara kita di Palestina, menangkapi warga termasuk perempuan dan anak-anak untuk ditahan di penjara tanpa batas”, paparnya.

Sementara Zionis Israel melakukan kejahatan dan kebencian terhadap warga muslim Palestina, termasuk kepada warga Kristen di sana. Pada saat yang sama, muncul perlawanan Palestina tanpa kekerasan, melalui aksi mogok makan tahanan secara massal, ujar Birawi.

“Kami kirim pesan melalui perlawanan tanpa kekerasan ini wahai Zionis Israel, kami belum dan kami tidak akan pernah melupakan Al-Quds, dan kami akan datang bersama warga dunia,” tegasnya.

Aksi ditujukan kepada warga muslim khususnya dan umat agama lainnya yang mencintai kemerdekaan dan perdamaian untuk menuntut diakhirinya pendudukan Zionis Israel terhadap Yerusalem dan Palestina.

Aksi di Beberapa Kota

Menurut catatan Sekretariat Komite Media, pada Jumat 7 Juni aksi damai dijadwalkan berlangsung di Tepi Barat, yaitu di kawasan Yerusalem, Ramallah dan Bethlehem. Sementara di Jalur Gaza puluhan ribu warga menuju perbatasan utara dekat Beit Hanoun.

Aksi serupa berlangsung di beberapa kota besar di Yordania, Mesir, Istanbul, Ankara, Tunisia, Maroko, Mauritania, Malaysia, Vancouver dan New York.

Beberapa tempat GMJ yang sudah memberikan konfirmasi pelaksanaan aksi damai 7 Juni usai shalat Jumat, antara lain di Gerbang Damaskus, perbatasan dengan Palestina, di pos pemeriksaan Qalandia, Tepi Barat, di Karitas menuju Jalan 60 Betlehem dan di kota Gaza.

Di luar Palestina, Dr Salah Sultan dijadwalkan memberikan orasi aksi usai shalat Jumat 7 Juni di Masjid Adaweya Rabaa, Nasr City, Cairo. Acara berlanjut berpusat di Kairo Stadium Square dengan pembicara utama Syeikh Raed Salah. Tempat lainnya di Pantai Montazah, Alexandria.

Di tetangga Palestina, Yordania aksi massa bersama pejabat setempat direncanakan berbaris dari seluruh kota Yordania menuju Sowayma, Lembah Yordan.

Di Turki, jamaah shalat Jumat mengadakan aksi tuntutan pembebasan Al-Quds di halaman Masjid Al-Fatih Istanbul serta di depan Kedutaan Besar Israel di Ankara.

Di Tunisia, seusai salat Jumat unjuk rasa massa dari berbagai tempat akan menuju ke arah jalan Habib Bourguiba menuju Masjid Al-Aqsa tiruan untuk mendengarkan orasi perjuangan Palestina.

Di kota-kota lainnya di samping aksi orasi, juga ada pemutaran film, festival budaya, diskusi ilmiah, siaran radio hingga sekedar aksi duduk-duduk dengan membawa poster dan membagikan brosur Palestina. Beberapa kota yaitu: Nouakchott (Mauritania), Moskow (Rusia), Berlin, Aachen dan Stuttgar (Jerman), Oslo (Norwegia), London (Inggris), New York dan Washington (AS), Vancouver (Kanada), Kuala Lumpur (Malaysia) serta Jakarta dan Bandar Lampung (Indonesia).

Di Jakarta, Indonesia, Kantor Berita Islam MINA (Mi’raj News Agency) dijadwalkan mengadakan siaran radio Editorial Dunia Islam bertema “Global March to Jerusalem Menuju Pembebasan Al-Aqsha” di Radio Silaturahim, Jumat sore. (aft/mina)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 9.00 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Opick: Jangan Berhenti Bantu Rakyat Palestina!

Figure
Organization