Home / Berita / Nasional / PPP Belum Tentu Gelar Konvensi

PPP Belum Tentu Gelar Konvensi

pppdakwatuna.com – Jakarta. Partai Persatuan Pembangunan (PPP) belum tentu menggelar konvensi. Menurut Wakil Ketua Umum PPP, Lukman Hakim Saefuddin, hal itu disebabkan oleh beberapa pertimbangan, salah satunya Undang-Undang Pemilihan Presiden (UU Pilpres).

“Ketentuan tentang PT (Presidential Threshold) 20 persen suara DPR atau 25 persen suara nasional masih ada dalam UU Pilpres. Selama ketentuan tersebut masih ada, maka tidak ada gunanya partai-partai menggelar konvensi capres. Makanya, kalau mau konvensi hilangkan dulu ketentuan dalam UU Pilpres,’’ katanya dalam pernyataannya, Ahad (2/6).

Apabila PPP nantinya tetap menggelar konvensi dan ada capres yang dihasilkan, kata dia, namun karena ketentuan itulah maka hasil konvensi akan sia-sia. Untuk memenuhi ketentuan itu, PPP harus menawarkan partai lain untuk bergabung mendukung calon presiden hasil konvensi nya.

“Kalau dengan partai yang suaranya lebih besar, maka pasti mereka tidak mau kadernya dijadikan cawapres demi berkoalisi dengan PPP dan kita harus mengalah menjadi wapres,” ujar Lukman menjelaskan.

Oleh karena itu saat ini, menurutnya, PPP sedang mendalami apakah jadi menyelenggarakan konvensi capres atau tidak. Lukman menjelaskan bahwa selama ini PPP berpikir aturan PT di UU Pilpres bisa dihapuskan dan disepakati bersama oleh partai-partai karena bagaimana pun kalau PT dihapuskan maka yang diuntungkan selain partai-partai yang ada di DPR juga masyarakat. (dm/rol)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Bantah Pernyataan Menkopolhukam, DPR Pastikan Golkar dan PPP Bisa Ikut Pilkada