Home / Berita / Internasional / Asia / Buntut Konflik Komunal Myanmar, Ratusan Muslim Berlindung di Kuil

Buntut Konflik Komunal Myanmar, Ratusan Muslim Berlindung di Kuil

kerusuhan myanmardakwatuna.com – Lashio.  Kota Lashio yang terletak di Negara Bagian Shan, Myanmar, mulai kembali tenang. Dua hari pasca konflik komunal yang mengakibatkan sebuah masjid dan sebuah panti asuhan Islam hangus serta ratusan warga muslim kabur, kondisi keamanan di kota berpenduduk 130.000 jiwa itu mulai pulih.

Kemarin (30/5) sejumlah serdadu tampak berjaga di beberapa sudut kota. Sebagian lain berpatroli di kota terbesar Shan tersebut. Pemerintah memang sengaja mengerahkan tentara dalam jumlah besar untuk mengamankan Lashio. Terutama, untuk melucuti “”senjata”” warga sipil yang sejak Selasa (28/5) saling serang dengan pisau, kapak, dan pentungan.

“”Dua hari terakhir, ada sekelompok pria yang berkeliling kota dengan sepeda motor sambil mengacung-acungkan pisau dan pentungan. Tapi, hari ini (kemarin), aksi seperti itu tidak ada lagi,”” kata Nang Hsai Li Kham, salah seorang pejabat departemen informasi setempat. Dia menyatakan bahwa kondisi Lashio sudah jauh lebih aman.

Kendati demikian, sekitar 300 penduduk muslim masih memilih bertahan di kuil yang dijaga ketat polisi dan serdadu Myanmar. Itu dilakukan karena mereka masih trauma dengan insiden yang merenggut satu nyawa dan menyebabkan belasan orang terluka itu. “”Mereka menyerang setiap pria muslim yang mereka temui,”” kata Win Ko, seorang pedagang sayur, yang memilih berlindung di kuil bersama tiga anaknya.

Sejumlah saksi mengungkapkan bahwa kelompok penyerang tersebut mengenakan jubah biksu. Tapi, laporan itu belum bisa dibuktikan kebenarannya. Sampai kemarin, polisi masih mencari tahu penyebab pecahnya konflik sectarian terbaru di Myanmar tersebut. Sebelumnya, dua kerusuhan antar etnis juga terjadi di Myanmar dan menyebabkan ribuan etnis muslim Rohingya mengungsi.(tia/jppn)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

rohingya-1b

Let’s Help Rohingnya: Wujudkan Kepedulian Demi Kemanusiaan