Home / Berita / Nasional / KPK Melecehkan DPR, Fraksi Demokrat Apresiasi Sikap KPK.

KPK Melecehkan DPR, Fraksi Demokrat Apresiasi Sikap KPK.

Anggota Timwas Century dari Fraksi Partai Demokrat, Achsanul Qosasi
Anggota Timwas Century dari Fraksi Partai Demokrat, Achsanul Qosasi

dakwatuna.com – Jakarta. Sikap bersebrangan ditunjukkan Fraksi Partai Demokrat. Di saat DPR mempermasalahkan mangkirnya KPK dari undang DPR, Fraksi Partai Demokrat malah mendukung sikap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang lagi-lagi mangkir dari undangan rapat Timwas Century di DPR.

Anggota Timwas Century dari Fraksi Partai Demokrat, Achsanul Qosasi mengatakan bahwa sikap KPK patut di apresiasi. Sebab, menurutnya, KPK tidak ingin terpengaruh dengan hiruk pikuk politik di DPR.

Oleh sebab itu, menurut Achsanul, KPK ingin fokus pada tugas pokok dan fungsinya sebagai institusi pemberantasan korupsi.

“Mereka tidak ingin agar hal ini terpengaruh oleh hiruk pikuk di parlemen, sehingga KPK ingin fokus. Saya tidak tahu apakah KPK punya prasangka nantinya akan berpengaruh pada proses hukum yang dia lakukan, mungkin pertimbangannya itu,” kata Achsanul.

“Saya kalau niatnya tulus, untuk independensi hukum saya dukung ini. Alasan ini saya sendiri dapat menerima. Karena hiruk pikuk politik jangan sampai mengganggu kerja KPK. Karena di DPR, Timwas ini malah makin banyak membentuk opini,” lanjut Achsanul.

Padahal sudah menjadi rahasia umum bahwa KPK sangat lamban di dalam penanganan kasus Century dan Hambalang yang jelas-jelas menjerat petinggi Partai Demokrat. Ini merupakan suatu bentuk pembelaan Partai Demokrat terhadap tersangka yang merupakan Petinggi Partainya.

Sebelumnya, Anggota Timwas Century DPR dari Fraksi PDIP, Hendrawan Supratikno mengatakan, Timwas akan panggil paksa institusi tindak kejahatan korupsi itu untuk menjelaskan perkembangan kasus bailout yang merugikan keuangan negara senilai Rp 6,7 triliun itu.

“Kami harus bersabar lagi, apakah mau dipanggil paksa. DPR sedang mempertimbangkan pemanggilan paksa. Karena menurut UU MD3 kami bisa memanggil paksa,” kata Hendrawan

Sementara, Anggota Timwas Century dari Fraksi PPP, Ahmad Yani sangat menyayangkan sikap KPK yang terkesan mengabaikan DPR. Menurutnya, KPK terlalu angkuh sebagai penegak hukum.

“Mungkin KPK merasa dirinya sudah di atas semuanya, sudah di atas angin,” kata Yani.

Sikap Fraksi Partai Demokrat ini tentu sangat disesalkan banyak pihak, dan semakin memperjelas bahwa Partai Demokrat memang tidak mendengar aspirasi yang banyak disampaikan pakar, ahli dan masyarakat. (ton/ind)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ahmad Zainuddin, Lc, ME
Anggota Komisi IX DPR RI dari FPKS (spesial)

DPR: Berita Kesaksian Freedy Budiman Tentang Narkoba Sangat Membuat Kita Prihatin