Home / Berita / Nasional / LIPI: BLT Hinaan untuk Rakyat Miskin

LIPI: BLT Hinaan untuk Rakyat Miskin

tangan diatasdakwatuna.com – Jakarta. Selain tidak mendidik, pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat juga menjadi salah satu bentuk penghinaan kepada masyarakat miskin. Hal tersebut disampaikan oleh Syamsudin Haris, peneliti senior dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

“BLT itu malah bisa dianggap sebagai penghinaan kepada rakyat miskin. Anda bisa hitung sendiri nilai uang yang dibagikan, sekali dipakai langsung habis,” ujarnya, Rabu (29/5/2013).

Haris menambahkan seharusnya pemerintah melakukan upaya-upaya yang lebih mendidik untuk dalam memberikan subsidi kepada masyarakat.

“Mestinya ada upaya-upaya yang lebih mendidik, misalkan menciptakan kegiatan yang melibatkan (partisipasi) masyarakat, dengan demikian masyarakat mendapat upah,” tukasnya.

Hal ini sebetulnya juga telah diamini oleh para parpol. Menurut Haris, parpol pada saat ini juga menuntut dana tersebut bukan untuk dibagikan, tapi digunakan untuk pembangunan intfrasutuktur.

“Dengan (pembangunan infrastruktur tersebut) banyak tenaga kerja yang diserap. Kalau (hanya) menunggu (BLT), dari segi pendidikan politik tidak bagus, karena menciptakan ketergantungan, jadi setelah dana BLT habis tinggal nunggu aja,” tambahnya. (sr/ind)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 9,67 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi. (kvennabladid.is)

Perda dan Representasi Suara Rakyat