Home / Berita / Daerah / Walikota Depok: Pendidikan Agama Bentuk Karakter Bangsa Menjadi Lebih Baik

Walikota Depok: Pendidikan Agama Bentuk Karakter Bangsa Menjadi Lebih Baik

pendidikan agamadakwatuna.com – Depok.  Bangsa yang besar adalah bangsa yang senantiasa menjaga nilai-nilai moral di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dan salah satu unsur penting dalam pembentukan karakter bangsa adalah pendidikan agama.

Wakil Wali Kota Depok, Idris Abdul Shomat mengatakan, pendidikan agama menjadi hal utama dalam pembentukan karakter bangsa.

“Pemahaman agama yang baik akan menentukan pembentukan moral seseorang,” kata Idris di Depok, Rabu (22/5) kemarin.

Ia mengatakan pendidikan, pengajaran bacaan, gerakan shalat, dan pemahaman akan pentingnya shalat dan doa kepada anak-anak harus dilakukan sejak dini. Menurutnya, hafalan doa harus diajarkan kepada anak-anak sejak dini, agar doa tersebut dapat dibaca mereka ketika melaksanakan shalat. Para orang tua juga wajib memberikan dan memilih tontonan serta lagu-lagu yang mendidik kepada anak-anaknya.

“Jangan sampai tontonan televisi memberi contoh yang tidak baik,” ujar mantan sekretaris MUI Kota Depok tersebut.

Dikatakannya, pendidikan agama harus dilakukan semata-mata demi pembentukan karakter bangsa menjadi lebih baik dan religi, demi kemajuan Kota Depok khususnya, dan bangsa Indonesia pada umumnya.

Ia menilai peristiwa Isra dan Mi’raj yang dilakukan Nabi Muhammad Sallallahu ‘Alaihi Wasallam adalah dua bagian dari perjalanan dalam waktu satu malam. Kejadian ini merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam, karena pada peristiwa nabi mendapat perintah untuk menunaikan shalat lima waktu sehari semalam.

“Esensi shalat sebagai tiang agama, merupakan penyadaran kepada kita, shalat mendasari pribadi seseorang dan shalat sangat diperlukan dalam karakter building anak-anak kita,” ujarnya.

Ia berpendapat, anak-anak merupakan aset negara, sebuah generasi yang akan meneruskan perjuangan para pendahulu di masa mendatang. Karenanya, pendidikan agama menjadi hal yang utama dalam pembentukan karakter anak. (kru/rol)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com