Home / Berita / Agenda Umat / FLP Jakarta Raya Bersiap Menggelar Muswil

FLP Jakarta Raya Bersiap Menggelar Muswil

Forum Lingkar Pena Jakarta
Forum Lingkar Pena Wilayah Jakarta

dakwatuna.com Forum Lingkar Pena Wilayah Jakarta Raya akan menyelenggarakan Musyawarah Wilayah bertempat di Kampus UNJ, Rawamangun, Jakarta, pada Sabtu (25/05) mendatang.

“Sebagaimana amanat AD/ART FLP, Muswil ini utamanya adalah ajang untuk pemilihan ketua FLP Wilayah,” kata Retno Nurbaiti, Ketua KPU Muswil.

“FLP Wilayah sendiri ialah wadah bagi cabang untuk berkarya secara lebih luas,” lanjut Retno yang juga Ketua FLP Cabang Bogor.

FLP Wilayah Jakarta Raya menjadi tempat bernaung 5 FLP Cabang yang tersebar di 3 provinsi. Kelima cabang itu ialah FLP Jakarta, FLP Depok, FLP Bekasi, FLP Ciputat, dan FLP Bogor.

Dalam keterangannya, Ahmad Lamuna, Ketua FLP Wilayah Jakarta Raya 2011-2013 menuturkan tantangan bagi FLP Wilayah agar terus mengoptimalisasi peran.

“Supaya keberadaannya makin menarik, dibutuhkan, dan bermanfaat bagi cabang,” ungkap Lamuna yang dibesarkan oleh FLP Jakarta.

Sejumlah kegiatan kepenulisan telah diselenggarakan FLP Wilayah Jakarta Raya, di antaranya bertajuk Writing Camp.

“Kita konsepnya membuat suatu kegiatan yang tidak sekadar lokakarya, bukan cuma pelatihan. Tapi ada follow up nya. Untuk itu, karya yang dihasilkan pun, mau tidak mau harus layak terbit dan layak kritik,” tutur Sudi Yanto, salah satu mentor Writing Camp yang juga mantan Ketua FLP Bekasi.

Pelatihan kepenulisan yang berlangsung pada Februari tahun lalu itu, diikuti oleh para utusan dari cabang melalui proses seleksi. Selama dua hari satu malam, karya peserta dibedah habis oleh para mentor.

“FLP Wilayah sepatutnya terus membuat program yang benar-benar pas bagi cabang. Juga ada sinergi antara satu cabang dengan cabang lainnya,” kata Lamuna menyampaikan harapannya untuk kepengurusan mendatang.

Forum Lingkar Pena dikenal sebagai organisasi berasaskan Islam yang berfokus menjadi wadah kaderisasi penulis. Menurut Anggaran Dasarnya, FLP memiliki misi membangun jaringan penulis yang menghasilkan karya-karya berkualitas dan mencerdaskan. Tahun 2013 ini, organisasi kepenulisan tersebut genap berusia 16 tahun.

Ribuan anggotanya tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Sebagian kecil lainnya juga tersebar di luar negeri, membentuk FLP Wilayah di negara-negara antara lain di Jepang, Hongkong, Amerika Utara, dan kawasan Timteng.

About these ads

Redaktur: Samin B

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Kemacetan di Jakarta.  (infonitas.com)

Sistem Ganjil-Genap Mulai Diuji Coba 20 Juli