Home / Berita / Internasional / Asia / Mursi dan Haniyah Bahas Perkembangan Politik dan Keamanan

Mursi dan Haniyah Bahas Perkembangan Politik dan Keamanan

PM Palestina Ismail Haniyah dan Presiden Mesir Muhammad Mursi. (knrp)
PM Palestina Ismail Haniyah dan Presiden Mesir Muhammad Mursi. (knrp)

dakwatuna.com – Gaza.  PM Palestina, Ismail Haniyah menerima telepon dari Presiden Mesir, Muhammad Mursi. Keduanya membahas perkembangan politik, terutama masalah rekonsiliasi internal Palestina, di samping situasi keamanan di lapangan.

Biro media Palestina menegaskan, Mursi dan Haniyah sepakat untuk melanjutkan pembicaraan seputar beragam persoalan di lain kesempatan.

Sebelumnya aparat kepolisian Mesir menutup perlintasan Rafah kemarin, sebagai protes atas penculikan 7 aparat militer dan polisi Mesir, 4 dari mereka bekerja di perlintasan di kawasan Aris. Beberapa saat setelah itu pihak Mesir menyatakan telah berhasil mengidentifikasi para penculik, mereka berasal dari kawasan Sinai Selatan, saat ini komunikasi masih berlangsung antara kedua pihak untuk pembebasan para tentara yang diculik.

Dalam konteks terkait, Dr. Musa Abu Marzuq, Anggota Biro Politik Hamas menuntut pihak media untuk tidak menggubris wacana seputar tudingan bahwa Hamas terlibat dalam penculikan para perwira Mesir di Rafah, issu tersebut sangat tidak berdasar.

Abu Marzuq menegaskan, tidak mungkin rakyat Palestina memiliki sikap permusuhan terhadap para perwira Mesir, sehingga melakukan hal seperti ini.

Terkait dengan kesepakatan antara Mesir dan Gaza, Abu Marzuq menyebutkan, persoalan ini sebenarnya ringan, terkait dengan masalah terowongan, pokok persoalan bisa jadi karena kekosongan hukum dan politik untuk membangun hubungan dengan pihak-pihak di kawasan, sehingga masalah terowongan yang ada di Rafah bisa jadi sebagai ungkapan atas kekosongan hukum ini.

Abu mengungkap, kita berharap adanya hubungan alami di lapangan, dan jika perlintasan dibuka, masalah selesai. (qm)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Bersama ASPAC, UIN Syarif Hidayatullah Gelar Seminar 69 Tahun Pembagian Palestina