Home / Pemuda / Pengetahuan / Visualisasi Jatuhnya Meteorit ke Bumi Sejak Tahun 861

Visualisasi Jatuhnya Meteorit ke Bumi Sejak Tahun 861

dakwatuna.comBumi adalah salah satu planet di tata surya yang tidak pernah lepas dari “serangan” meteor. Meteor yang “berhasil” jatuh ke bumi disebut sebagai meteorit. Setidaknya, ada 3% dari seluruh meteorit tercatat telah jatuh menghantam bumi terlihat. Dua peristiwa terakhir, yaitu meledaknya meteor di langit Rusia dan Argentina merupakan contoh adanya “serangan” meteor tersebut yang berhasil direkam.

Beberapa kalangan berpendapat bahwa hantaman meteorit ke bumi terkait erat dengan salah satu surat di dalam Al-Quran, yaitu pada surat Al-Hadiid ayat 25. Pada ayat tersebut Allah SWT berfirman,

وَأَنزَلْنَا الْحَدِيدَ فِيهِ بَأْسٌ شَدِيدٌ وَمَنَافِعُ لِلنَّاسِ وَلِيَعْلَمَ اللَّهُ مَن يَنصُرُهُ وَرُسُلَهُ بِالْغَيْبِ ۚ إِنَّ اللَّهَ قَوِيٌّ عَزِيزٌ ﴿٢٥﴾

“Dan Kami turunkan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia, (supaya mereka mempergunakan besi itu) dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)Nya dan rasul-rasul-Nya padahal Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi Maha Perkasa.” (Al-Hadiid: 25).

“Al-Hadiid” sendiri berarti “besi”. Dalam ayat tersebut disebutkan وَأَنزَلْنَا (wa anzalna…). Sebagian besar Al-Quran yang memiliki terjemahan bahasa Indonesia mengartikan kata tersebut dengan “menciptakan”. Namun beberapa ada yang menafsirkan bahwa “anzalna” berarti “menurunkan”.

Hal ini terkait dengan kandungan meteorit yang terdiri dari logam. Maksudnya, salah satu asal-usul adanya logam di bumi adalah dari meteorit-meteorit yang jatuh ke bumi.

Menurut peneliti senior astronomi dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin, meteor terdiri dari tiga jenis berdasarkan kandungannya. Ada yang mengandung logam, berupa batuan saja, dan campuran keduanya.

Logam dalam meteor sama seperti besi dan nikel. Adapun batuan terdiri dari jenis karbon dan silikat. “Secara ilmiah umumnya sama seperti di bumi,” kata dia, seperti dikutip dari situs Tempo, Selasa (4/5/2010).

Nah, kira-kira seperti apakah ilustrasi jatuhnya meteorit ke bumi dari waktu ke waktu? Adalah Carlo Zapponi mencoba menvisualisasikan jatuhnya meteorit ke bumi yang tercatat sejak tahun 861 hingga hari ini. Melalui animasi interaktif ini kita dapat melihat ilustrasi ribuan meteorit yang jatuh ke bumi, dan kita dapat meng-klik salah satu meteorit yang jatuh untuk melihat penjelasannya. (dakwatuna.com/hdn)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Lihat Juga

Memperingati hari bumi Palestina. (eramuslim.com)

Peringati Hari Bumi, Warga Palestina 48 Gelar Mogok Massal