Topic
Home / Berita / Silaturahim / KSEI IsEF Gelar Bedah Buku dan Pekan Ilmiah Ekonomi Syariah

KSEI IsEF Gelar Bedah Buku dan Pekan Ilmiah Ekonomi Syariah

dakwatuna.com – Depok. Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) Islamic Economics Forum (IsEF) kampus STEI SEBI menyelenggarakan kajian Bedah Buku “The Crisis” karya Ust. Muhammad Luthfi Hamidi, Rabu (24/4/2013). Acara ini sendiri bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kompetitif serta semangat syiar ekonomi syariah bagi mahasiswa Indonesia. Hadir pula pembicara lain untuk membedah buku The Crisis, yakni Adril Hakim, ST, MM, salah seorang dosen STEI SEBI.  Dalam cover buku The Crisis terdapat kata Quranomics yang dicantumkan penulis. Ternyata istilah Quranomics berasal dari kata Qur’an dan Economics, yang berarti ekonomi yang mengacu kepada Al-Quran.

Buku The Crisis, ‘Krisis Manalagi yang Engkau Dustakan’ ini menyatakan bahwa krisis juga identik dengan ketidakstabilan. Al-Quran menyamakan mereka yang sedang dalam kondisi tidak stabil laksana mereka yang gila. Hal itu dikarenakan seorang manusia bagai kerasukan, seperti yang tertera dalam Q.S. Al Imran ayat 275 yang menyatakan bahwa “Orang-orang yang memakan riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan karena gila”. Adapun maksud Quranomics inilah yang menjadi solusi permasalahan krisis ekonomi yang melanda sebuah negara maupun dunia.

Tatkala adzan Zhuhur berkumandang, acara bedah buku ini pun berakhir. Acara bedah buku ini sendiri merupakan bagian dari agenda Pekan Ilmiah IsEF atau yang biasa disingkat PIIs dengan tema Sharia Economic World. Kegiatan yang diadakan ketika acara PIIs lainnya di antaranya lomba menulis essay, lomba debat, olimpiade ekonomi syariah, lomba komik ekonomi syariah, lomba membuat video, kompetisi blog, kompetisi bisnis, mading atau majalah dinding, dan ada satu lomba yang menarik lainnya yaitu fun game bagi para mahasiswa muslim umumnya. Salah seorang pemenang lomba essai, Agus, dari KSEI Lingkar Studi Ekonomi Islam (LISENSI) UIN Jakarta juga menyatakan apresiasinya terhadap acara PIIs ini.

“Semoga PIIs bisa menjadi tolakan awal bagi mahasiswa STEI SEBI untuk melanjutkan akselerasi kompetensi ekonomi syariah sebagai solusi ekonomi dunia. Dari PIIs, kita guncang dunia!” Ujar Bintang Samsu selaku Ketua IsEF STEI SEBI. (Nadia Rahmatul Ummah)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 6.00 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Seminar Nasional Kemasjidan, Masjid di Era Milenial

Figure
Organization