13:45 - Senin, 21 April 2014

Kunci Sukses: Tekun dan Fokus

Rubrik: Life Skill | Oleh: Usman Munandar - 01/05/13 | 11:30 | 21 Jumada al-Thanni 1434 H

Ilustrasi (inet)

Ilustrasi (inet)

dakwatuna.com - Sukses adalah tujuan setiap orang di dunia ini. Entah sukses sebagai apa yang mereka inginkan dan bisa jadi merupakan cita-cita. Sudah banyak orang yang memberikan kiat-kiat untuk sukses, ribuan buku telah terbit dan juga rangkaian seminar tentang meraih kesuksesan tersebut. Maka tak ada salahnya jika saya juga ingin memberikan tips yang mudah dan praktis untuk sukses.

Sebenarnya hanya ada 2 kiat yang apabila kita berpegang teguh pada 2 prinsip ini maka sukses akan dapat diraih: Tekun dan Fokus.

1. Tekun. Ketekunan itu identik dengan sabar, gigih, pantang menyerah, dan istiqamah. Jika kita lihat tokoh-tokoh hebat yang masyhur, mereka bisa meraih kesuksesan karena ketekunan mereka. Thomas Alfa Edison, penemu bola lampu yang telah melakukan percobaan hingga ribuan kali untuk menemukan bola lampu.

Tekun juga bisa berarti konsisten atau istiqamah. Jika kita bilang orang itu tekun belajar, maka itu artinya orang tersebut belajar dengan rajin tanpa kenal lelah dan konsisten belajar setiap hari. Dengan ketekunan yang dimiliki, segala macam rintangan dan kemalasan pada diri kita akan tunduk kepadanya. Ini berarti bahwa ketekunan itu adalah jiwa kegigihan dan pantang menyerah untuk terus belajar dan berusaha.

Bukan orang pintar yang akan sukses, tetapi orang yang tekun lah yang akan sukses. Jika orang pintar sudah pasti sukses maka itu tidak adil, pintar adalah anugerah sedangkan tekun adalah usaha. Pemenang tidak pernah berhenti dan mereka yang berhenti tidak akan pernah menang.

2. Fokus. Tidak ada seorang tokoh hebat yang terkenal karena keahliannya dalam berbagai bidang atau multi-talenta. Melainkan orang-orang hebat tersebut adalah orang yang sukses dan menjadi idola di bidangnya masing-masing. Prof. B.J. Habibie adalah tokoh yang terkenal di industri pesawat terbang. Bill Gates tokoh terkenal di bidang teknologi komputer. Taufik Hidayat, orang yang ahli dalam olahraga bulu tangkis. Bahkan, Muhammad Al Fatih, penakluk Konstantinopel yang namanya sudah diberitakan oleh Nabi Muhammad Saw adalah orang yang fokus dalam masalah peperangan. Sejak kecil sudah diceritakan oleh ayahnya tentang perang yang dihadapi oleh pasukan muslim melawan kafir.

Banyak dari kita yang belum mengetahui kekuatan di balik fokus itu sendiri. Semakin kita fokus pada satu hal, justru hal tersebut akan memudahkan kita dalam mencapai hal yang kita inginkan. Ketika kita fokus, maka segala macam informasi yang berhubungan dengan impian kita akan mudah masuk ke dalam pikiran kita. Dan sebaliknya jika tidak fokus, justru pikiran kita akan dipusingkan oleh hal-hal yang tidak sesuai dengan target kita. Sekali lagi, tidak ada orang sukses yang ahli dalam berbagai bidang, yang ada hanyalah orang hebat di bidang yang ditekuninya.

Tentang Usman Munandar

Mahasiswa Teknik Perkapalan Universitas Indonesia angkatan 2011 . [Profil Selengkapnya]

Redaktur: Lurita Putri Permatasari

Topik:

Keyword: , , , , , , , , , , ,


Beri Nilai Naskah Ini:

Nilai 1Nilai 2Nilai 3Nilai 4Nilai 5Nilai 6Nilai 7Nilai 8Nilai 9Nilai 10 (5 orang menilai, rata-rata: 8,80 dalam skala 10)
Loading ... Loading ...


Akses http://m.dakwatuna.com/ dimana saja melalui ponsel atau smartphone Anda.
Iklan negatif? Laporkan!
Iklan negatif? Laporkan!
85 queries in 1,178 seconds.