Home / Berita / Silaturahim / Futsal Kambing Cup Saqura Lazis Astra: “Spirit Quran dan Qurban di Lapangan Bola”

Futsal Kambing Cup Saqura Lazis Astra: “Spirit Quran dan Qurban di Lapangan Bola”

dakwatuna.com Menghafal Quran di masjid itu biasa, menghafal di kamar sendirian juga biasa. Namun pernahkah menghafal Quran di lapangan bola? Di kala keringat mengalir deras dan di tengah teriakan-teriakan membahana dari supporter bola. Tantangan itulah yang coba ditaklukkan peserta Futsal Kambing Cup Saqura Lazis Astra, di Maestro Futsal Kemayoran (20/4/2013).

Arena turnamen pun dibuat berbeda, spanduk pemain sepak bola profesional muslim tersebar di lapangan. Tampak di spanduk foto Mesut Ozil sedang berdoa, pemain Real Madrid itu memang dikenal sebagai muslim yang taat. Ada juga selebrasi sujud Demba Ba serta foto Frank Riberry dan Hamit Altintop ketika menunaikan umrah.

Sebanyak 32 tim dari 28 perusahaan berlaga di Kambing Cup Saqura, turnamen berhadiah total 6 ekor kambing ini diperuntukkan untuk pengurus DKM, Perisai (Persaudaraan Islam Astra) dan jamaah setia masjid di seantero Grup Astra. Sebelum bertanding setiap pemain diwajibkan menyetor hafalan satu ayat Quran yang telah ditentukan panitia, ketika lulus pada ID Card-nya akan dibubuhi stiker tanda kelulusan, itulah yang membuatnya boleh bermain. Pun bagi yang lolos ke babak selanjutnya, ayat baru yang mesti dihafal telah menanti.

“Panitia menyiapkan 768 ayat Quran selama turnamen, tim yang lolos ke final berarti hafalannya telah bertambah 5 ayat,” jelas Syaifurohman, ketua panitia penyelenggara. Sentuhan Islami juga mewarnai jalannya pertandingan, “kita instruksikan wasit untuk mengeluarkan pemain yang celananya masih di atas lutut,” tambah Syaifurohman.

Futsal Kambing Cup Saqura digelar sebagai wahana syiar Lazis Astra untuk mengenalkan program Saqura (Simpanan Qurban Astra), hadiah kambing yang diberikan diharapkan menjadi reminder Qurban itu sendiri. “Spirit Kambing Cup adalah Quran dan  Qurban, yang ikut turnamen semoga tambah semangat menghafal dan tergerak untuk berqurban, tahun lalu sekitar 1000 hewan Qurban dipotong di Grup Astra, tahun ini kita targetkan bertambah” Tutur General Manager Lazis Astra Ganjar Gumilar.

Sosialisasi Saqura sejak dini bertujuan mengedukasi karyawan untuk merencanakan kebaikan sedari awal. Sebagai karyawan tentu sudah terlatih untuk membuat perencanaan kerja satu bulan, satu tahun bahkan lima tahun ke depan, namun untuk amal kebaikan akhirat seringkali abai melakukannya. “Ibadah Qurban akan terasa ringan bila terencana, dari sekarang cukup menyimpan Rp 250.000 per bulan, insya Allah di bulan Oktober sudah bisa qurban,” terang Ganjar Gumilar.

Setelah seharian turnamen, akhirnya tim Futsal PT Gaya Motor keluar sebagai Juara. Melalui adu penalti tim Gaya Motor mengalahkan Tim At Taqwa, PT Denso Indonesia, sedangkan juara ke tiga adalah tim PT FSCM. “Ternyata menghafal quran dan qurban itu mudah,” kata seorang peserta, di akhir turnamen. (ist)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi-Alquran (inet)

Khutbah Jum’at: Di Bawah Naungan Al-Quran

Organization