Home / Berita / Internasional / Asia / Malawi Bangun Universitas Islam Pertama

Malawi Bangun Universitas Islam Pertama

Menteri Pekerjaan Umum dan Transportasi, Sidik Mia
Menteri Pekerjaan Umum dan Transportasi, Sidik Mia

dakwatuna.com – Lilongwe.  Muslim Malawi tak lama lagi akan membuka Universitas Islam pertama di negara itu. Pembangunan kampus ini diharapkan dapat mempromosikan pendidikan modern dikalangan Muslim.

Menteri Pekerjaan Umum dan Transportasi, Sidik Mia mengatakan pemerintah memandang penting pembangunan kampus ini guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia Malawi.

“Saya kira, semua pihak memiliki tujuan yang sama dalam memandang Malawi sebagai negara berkembang yang berusaha untuk melahirkan kepemimpinan yang kuat,” kata Mia seperti dikutip Nyasa Times, Selasa (30/4).

Menurutnya, rencana ini mendapat sambutan hangat para pemimpin komunitas Muslim dalam pertemuan di Masjid Magochi Boma baru-baru ini. Pembangunan universitas ini nantinya akan didanai lembaga nirlaba AID Society dari Kuwait. Pembangunan universitas ini akan melengkapi sejumlah infrastruktur pendukung aktivitas Muslim yang lebih dahulu dibangun, seperti masjid dan lainnya.

“Saya menyerukan kepada komunitas Muslim untuk menyadari betapa pentingnya kualitas sumberdaya Muslim. Ini juga sekaligus diharapkan dapat menekan angka kemiskinan dikalangan Muslim,” kata Mia yang juga kepala Asosiasi Dewan Muslim Malawi (MAM).

Di Malawi, populasi Muslim mencapai 12 persen dari populasi total. Selama ini, tingkat kualitas sumberdaya Muslim sangat rendah. Kondisi ini jauh berbanding terbalik dengan komunitas Kristen yang memiliki kualitas lebih baik dari segi pendidikan dan ekonomi.  (as/clr/rol)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Protes terhadap sikap rasis Trump. (aljazeera)

Kemenangan Trump dan Pengaruhnya Terhadap Mesir