Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Cara Biksu Myanmar Sebarkan Pidato Kebencian Atas Muslim Rohingnya

Cara Biksu Myanmar Sebarkan Pidato Kebencian Atas Muslim Rohingnya

Kebencian Ratusan Biksu Budha Myanmar Terhadap etnis Muslim Rohingnya (inet)
Kebencian Ratusan Biksu Budha Myanmar Terhadap etnis Muslim Rohingnya (inet)

dakwatuna.com – Yangon. Pemerintah Myanmar meminta agar kelompok biksu menghentikan pidato bernada kebencian atas muslim Rohingnya. Pemerintah mengungkap imbauan tersebut dalam sebuah laporan yang diterbitkan pada Senin (29/4).

Pidato bernada kebencian atas muslim Rohingnya memang seringkali dilontarkan di Myanmar, bahkan para biksu mengusung gerakan 969 sebagai simbol pembersihan kepada kelompok muslim.

Lembaga HAM internasional, Human Right Watch dengan detil melaporkan peran otoritas, termasuk biksu, politisi lokal, dan pejabat pemerintah serta pasukan keamanan yang melakukan pembersihan etnis Muslim Rohingya secara terorganisir.

Oleh karena itu, pemerintah juga meminta agar status kewarganegaraan semua Muslim Rohingya dipulihkan. Seperti dikutip aljazeera, banyak warga Rohingya yang tidak berkewarganegaraan meski sudah tinggal di Myanmar selama beberapa generasi. Muslim Rohingya bahkan tidak dimasukkan ke dalam 135 suku Myanmar yang didominasi  umat Buddha. (asl/rol)

Redaktur: Samin Barkah, Lc. M.E

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (15 votes, average: 6.13 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Misi PBB: Militer Myanmar Bakar Anak Rohingya Hidup-Hidup

Figure
Organization