Home / Berita / Nasional / Mentan Masih Optimis Swasembada Daging

Mentan Masih Optimis Swasembada Daging

Menteri Pertanian, Suswono. (vivanews)
Menteri Pertanian, Suswono. (vivanews)

dakwatuna.com – Jakarta.  Mentan Suswono masih optimis perihal kelanjutan Program Swasembada Daging dan Kerbau yang direncanakan berlangsung 2014. Dalam evaluasi yang dilakukan Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional, program ini masih berada di jalur yang benar.

Namun, lanjutnya, pemerintah akan terus melakukan kajian. Termasuk mencermati hasil sensus pertanian 2013. Karena hasil sesus menjadi tolok ukur apakah pemerintah bisa menekan laju importasi daging hingga 10 persen atau tidak.

“Jadi kita belum bisa mengatakan swasembasda berhasil atau tidak,” ujar Suswono di kantornya, Senin (29/4).

Mentan pun berharap tidak ada kelangkaan stok daging untuk keperluan hari raya. Meski demikian, pemerintah belum memutuskan untuk menambah kuota impor daging tahun ini. Mentan berharap keputusan tersebut sudah terbit di bulan Mei.

Desakan untuk segera melakukan impor daging datang dari pengusaha. Ketua Komite Daging Sapi DKI Jakarta dan Sekitarnya Sarman Simanjorang mengatakan, setiap Lebaran industri membutuhkan sekitar 15 ribu ton daging.

Pemerintah butuh strategi jitu agar harga daging tidak semakin melambung menjelang Ramadhan. Jika tidak ditangani, ia memperkirakan harga daging bisa menyentuh Rp 150 ribu dalam tiga bulan mendatang. (mf/mf/rol)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Ilustrasi. (inet)

Ibadah Qurban Pada Hari Raya Idul Adha