Home / Berita / Nasional / Inilah Dugaan Baru Penyebab Kecelakaan Ustadz Jeffry Al Buchori

Inilah Dugaan Baru Penyebab Kecelakaan Ustadz Jeffry Al Buchori

ujedakwatuna.com Ternyata almarhum Ustadz Jeffry Al Buchori mengalami kecelakaan tunggal yang menewaskan dirinya pada Jumat (26/4/2013) di kawasan Pondok Indah Jakarta Selatan, bukan karena mengantuk, bukan karena menabrak pohon palem dan bukan pula tancap gas terlalu kencang.

Itu cuma sebagai akibat dan bukan penyebab.

Dugaan baru menyebutkan, Ustadz Gaul tersebut meninggal mendadak dalam keadaan menyetir motor gede (moge) Kawasaki ER-6n bernopol B 3590 SGQ. Faktor meninggal mendadak itulah yang membuat kendali setir motornyanya oleng, sampai akhirnya menabrak pembatas pinggir jalan hingga berujung tabrakan ke pohon palem.

Pendek kata, Ustad Jeffry sudah dalam kondisi dijemput sakaratul maut sebelum sepeda motornya oleng dan menabrak pohon palem.

“Dugaan saya, Ustadz Jeffry sudah lebih dahulu meninggal dunia di atas kendaraannya sehingga kendaraan tak terkendali dan menabrak pohon palem,” kata Lukman Azis Kurniawan, sahabat Uje yang juga sesama jamaah pengajian Orbit kepada Tribunnews.com, Senin (29/4/2013).

Lukman mendasarkan dugaannya itu pada beberapa alasan berikut ini:

– Tidak ada tanda-tanda upaya pengereman oleh pengemudi.

Lukman bertutur, tiap orang yang mengalami sakratul maut biasanya tubuhnya mengejan. “Nah saat mengejan itu gas ketarik tangan, lalu menabrak pohon,” kata Lukman.

“Apalagi di lokasi tak ada tanda upaya pengereman sebagai upaya antisipasi pengendara yang lazimnya kaget menghindari tabrakan,” sambungnya.

– Kecil Kemungkinan Uje dalam Kondisi Mengantuk

Dugaan Uje mengantuk juga disebut sebagai kemungkinan kecil. Karena sang adik, Fajar Sidik, menuturkan kalau almarhum sudah beristirahat di Kemang, Jakarta Selatan. Apalagi saat istirahat Ujeminum kopi yang dikenal penangkal ngantuk.

“Bila beliau mengantuk, kondisi gas stabil atau mengendur. Tidak menabrak sangat kencang seperti dibenarkan polisi,” tutur Lukman.

– Tidak Mungkin Ngebut

Lukman juga meyakini almarhum Uje tidak mungkin dalam kondisi mengebut sebelum kecelakaan terjadi.

Sebab, Uje sudah dua kali hampir jatuh di kawasan Radio Dalam sebelum akhirnya benar-benar mengalami kecelakaan di Pondok Indah.

“Pengalaman sebelumnya dua kali hampir terjatuh di kawasan Radio Dalam lazimnya semakin membuat Uje makin pelan memacu sepeda motornya,” tutur mantan wartawan yang kini jadi kolektor puluhan miniatur mobil berbagai merek itu.

Lukman mendasarkan keyakinan Uje tidak dalam kondisi ngebut itu berdasar kesaksian penyanyi Agus Idward (personel grup nasyid Snada) yang ikut dalam konvoi motor bersama Uje dari Kemang ke Pondok Indah.

Agus Idward kepada Lukman bertutur, Uje malam itu menempuh perjalanan 1,5 jam dari Kemang ke Pondok Indah. Ini waktu tempuh yang relatif lama, apalagi jarak Kemang dan Pondok Indah terbilang tidak terlalu jauh ditambah kondisi perjalanan lepas tengah malam yang kecil kemungkinan terjebak macet.

“Dugaan kuat saya, beliau memacu kendaraan justru pelan, tapi karena meninggal mendadak di atas sepeda motor, tubuhnya mengejan dan gasnya otomatis tertarik. Itu yang membuat tabrakan amat kencang ke pohon palem,” tuturnya, seolah berhipotesa.

Mengenai adanya rerumputan yang terkoyak di taman dekat pohon palem, Lukman melihatnya itu bukan sebagai tanda upaya pengereman.

Kalau memang Uje sudah meninggal sebelum menabrak pohon palem, lantas mengapa almarhum dibawa ke Rumah Sakit Pondok Indah? Mengapa tidak langsung diotopsi di Rumah Sakit Fatmawati?

“Karena waktu itu Agus Idward juga belum yakin apakah kondisi Ujesudah meninggal atau masih bisa ditolong,” tutur Lukman.

Lukman merasa perlu melontarkan dugaan baru penyebab kecelakaan Ustad Jeffry itu karena ia terusik dengan santernya spekulasi yang menyebut almarhum mengantuk dan ngebut mengemudi sepeda motornya. “Rasa-rasanya tidak mungkin,” imbuhnya.

Apakah ustad yang berduet dengan Pasha Ungu itu mengalami serangan jantung yang membuatnya meninggal mendadak? “Nah, kalau itu saya tak berani ambil kesimpulan, karena saya bukan ahli medis,” tuturnya.

Lukman adalah sesama jamaah Pengajian Orbit. Ini adalah pengajian yang beranggotakan kumpulan lintas profesi, mulai dari wartawan, artis, pengusaha, anggota DPR, budayawan hingga cendekiawan muslim.

Pengajian Orbit digelar di kediaman Prof Dr Din Syamsuddin Kamis malam (dua kali sebulan) di kawasan Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. (Agung Budi Santoso/tribunnews)

About these ads

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (254 votes, average: 8,89 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • sse

    saya sependapat dengan hal ini. sebelum membaca atau membaca informasi apapun seperti di atas, sebelumnya saya mempercayai informasi di televisi, tapi timbul pertanyaan dalam hati mengapa seorang ustadz mengendarai motor dengan ngebut, rasanya tidak mungkin.

    menjelang tidur saya mengambil wudhu dan membaca doa seperti biasa, dalam tidur sy bermimpi bahwa uje telah meninggal sebelum kendaraannya menabrak.

    Berdasarkan fakta di lapangan juga motor menabrak tidak jauh dari dari tikungan tajam sekitar 90 derajat yang sebelumnya dilalui, jadi kemungkinan ngebut sangat kecil.

    wa Allahu A’lam..

  • eka

    istri almarhum sering kali mengutarakan bahwa beliau selalu mengatakan motor gede itu adalah kendaraan dakwahnya. mungkin Allah SWT sudah berencana mewafatkan beliau diatas kendaraan dakwahnya. Subhanallah.. semoga ustadz ditempatkan di tempat yang indah seindah-indahnya tempat di surga, berjumpa dengan rasul dan sahabat-sahabatnya. barakallah ustadz :’)

  • dendi

    segala penyebab kemungkinan terjadinya musibah yang dialami oleh ustadz jefri cukup masuk diakal, namun bagaimanapun beliau yang kita sama2 cintai, hormati&banggakan telah diambi kembali oleh Sang Pemilik (Allah Azza wajalla) dengan segudang sebab yg mengakibatkan beliau meninggal,, itu semua hanyalah sebab, yg perlu kita garis bawahi,, amal ibadah dan amal2 kebaikan beliau yg lain, adalah lebih penting untuk kita perhatikan, sehingga pandangan2 miring tidaklah perlu kita lontarkan, dalam kondisi apapun kita, kematian itu adalah sesuatu yang pasti,, yg penting sudahkah kita mempersiapkan diri ketika sang penghilang segala kenikmatan hidup ini (Al maut/ mati) datang menjemput sudah siapkah kita..? sebagaimana yg dialami oleh ustadz kita ini.. entah kapan dan dimana? hanya dalam kondisi apakah kita perlu siap menghadapi Al maut/mati, yaitu dalam kondisi baik, iman & taubat, sehingga mudah2an kematian yg kita dapatkan adalah kematian yg memperoleh presikat Husnul Khatimah…

    Wallahu a’lam

    (semoga kita dapat mengambil ibroh/pelajaran dari setiap kejadian dimuka bumi ini sebagai bekal untuk kembali ke “Akhirat” kelak.

  • amsa

    iAllah husnul khotimah, setidaknya beliau mengakhiri hidupnya dalam keperluan dakwah, dan sudah jauh meninggalkan masa lalunya yg kelam, tinggal kita yg belum tahu, apakah bisa mengakhiri hidup di dunia lebih baik dari beliau?

  • analisanya masuk akal, dan ada benarnya juga…

  • abdul taufik akbar

    entahlah mana yang benar, menurut infotaintment rekan2 motor yang berjalan beriringan dengan uje mengatakan almarhum dalam keadaan cepat shingga tak terkejar oleh rekan2 lainnya .. Wallahualam, Semoga Ust. Uje selalu dalam lindungan-Nya aamiin :)

  • freedy edy

    bila saat sakaratul maut pada kondisi sedang diatas motor tanpa ada sebab,saya tidak yakin.mengapa?.karena ,Setahu saya semua orang yang meninggal dimanapun dan kapan pun.pasti ada menyebab yg pasti.yang memang itu sudah garis takdir manusia.
    contoh ,tsunami di Aceh yg menelan banyak korban.Apakah sekonyong2 itu terjadi?.
    Setelah ada penelitian yg masuk akal.terjadi tsunami karna Gempa,Gempa terjadi karena pergeseran lempeng bumi, kenapa lempeng bumi bergeser,karena ada pergerakan matrial yang ada di bawah lempeng tsb,dst.Semua itu memang Alloh yang mengatur nya.Tetapi segala sesuatu yang terjadi tetap Alloh membuat nya hukum sebab akibat.Itulah kejadian alami yang memang kita sebagai ummat manusia menjadi lebih bijak menyikapi nya.Maaf bila komentar ini tidak berkenan.Kalau memang salah itu karena saya kurang ilmu.Maksud nya cuma sekedar belajar.

  • HENDRA

    ilmiah,,,, good

  • HENDRA

    ilmiah….good

  • Yaaa…memang sudah jadi takdir semua mahluk yang beryawa (tidak hanya Ustadz Jefry…)mari kita belajar, bahwa kematian itu sudah ditentukan…jadi bukan karena (sebab-musabab) sakit, kecelakaan dan sebagainya…tinggal kita pikirkan apa yang akan kita bawa ke dunia setelah ini….dan apa yang kita perbuat pada saat takdir kematian datang…Insya Alloh Uje Khusnul Khotimah…aamiin yaa…Robbal Aalaamiin…

  • s67

    yg jelas itu sudah waktunya alm.uje kembali ke haribaan illahi. saatnya malaikat maut menjemput nya, tuk bertemu allah..inshallah. (gitu aja kok repot)

  • Kuwat

    sudah waktunya alm.uje kembali ke haribaan illahi. saatnya malaikat maut menjemput nya, tuk bertemu Allah, dan minum kopy memang kalau keadaan tdk sehat, apabila tdk biasa bisa menyebabkan mual dan jantung berdetak kencang sampai tak sadar diri, maka hati2 yg suka minum kopy atau lebih baik ditinggalkan.

  • taufik

    jngan lah terlalu banyak duga menduga,,, sudah lah ambil kesimpulan meninggal karna kehendak allah, dan dalam keadaan membawa motor menabrak pohon gitu aja lah dan memang itu adanya,, biar kita tidak berandai2 berpikiran kemana2,,, tp kita do’a kan semoga amal baiknya di terima allah swt

  • hmmm…banyak jg dugaan penyebabnya ya….krn gak da saksi mata yg bs danggap valid…yg jelas Ustad jefry meninggal krn sudah waktunya nyawanya terlepas dr badan kan…ambil hikmahnya aja…

  • Yudhistira

    Kematian sdh ditentukan oleh Maha Pencipta kita sebagai mahluk yg akan mati tdk usah berspekulasi…. dr argumen diatas juga ga jelas ada yg bilang pas ditarik nafasnya maka nge gas kencang ada yg bilang wkt nabarak ga kencang… Sudahlah kita smua iklaskan saja Uje juga manusia biasa…

  • Dzulqarnain Abraham

    3 Rahasia Ilahi yang manusia tidak akan ketahui: 1.Ajal 2.Rejeki dan 3.Jodoh Semoga beliau mendapatkan tempat disisi Allah SWT. Amiin…..

  • nurmin

    penyebabx meninggalx ustaz gak usah di perdebatkan lagi krn skrg beliau udah bahagia di sisi Allah SWT…

  • Ya Sudahlah..apa sih manfaat nya memperdebatkan hal yang hakiki, semua yang bernyawa pasti akan mengalami maut.

  • bisa di buktikan dengan pada pertolongan pertama masih bernapas apa tidak katanya meninggal di perjalanan menuju ke rumah sakit?

  • KONSPIRASI YUDHOYONO

  • KONSPIRASI YUDHOYONO MENJELANG MISS WORLD DI BALI

  • sudahlah jangan di perdebatkan lagi kasihan almarhum Ustadz Jeffry…?

  • de_den

    Indahnya di cabut nyawa dengan tidak terasa apa-apa..Maizing Rahmat Allah bagi hamba yang beriman

    • Abshan Shihab AbBedulloh

      mustahil ga ngerasain apa2,,NABI MUHAMMAD SAW yang udah di jamin kesurgaannya msih merasakan amat pedih,

  • memang hukum logika atau manusia selalu sebab dan akibat..tp coba tengok di Pengajiannya Kitab Al Hikam karya ibnu Athoilah…sudah tidak membahas sebab akibat…:)

    “semua itu karena kehendak-Nya,,,”

    • Agung Priyo Rizki

      wew dibuka di umum

    • Abil Gahtan

      yang pernah saya dengar,,hukum sesba akibat tidak berlaku atau tidak ada kecuali…
      satu …Alloh bagaimana Prasangka Hambanya…prasangka hambanya akan abaik jika Iman Kuat..Iman kuat jika mujahadah untuk tingkatkan iman…dakwahkan perkara iman..dakwah cara nabi..in sya aLLOH..

  • aziz

    masa,, tp aku denger, almarhum masih hdp pas dibawa kerumah sakit,,

  • Lesmana Insani

    kemungkinan zat dari coffee

  • Sukisman Thok

    hobi motor meninggal di motor

  • Dany Arifin

    ora apik ngomongke wong sg ws sedo

  • Muhammad Faisal

    قَالُوْا سُبْحَانَكَ لاَ عِلْمَ لَنَا إِلاَّ مَا عَلَّمْتَنَا إِنَّكَ أَنْتَ الْعَلِيْمُ الْحَكِيْمُ
    (32) Mereka menjawab: Maha Suci Engkau ! Tidak ada
    penge­tahuanbagi kami. kecuali yang Engkau ajarkan kepada Kami. Karena
    sesungguhnya Engkau­lah Yang Maha Tahu, lagi Maha Bijaksana.

    Barokallahu, smoga kita LEBIH mengambil HIKMAH-NYA bahwa kita kan menyusul Almarhum, adanya. Bekal diSANA kelak!

  • abu syahdan

    Semua sudah Allah SWT tentukan gak perlu diperdebatkan, mari kita doakan semoga Allah SWT menerima amal baik beliau… satu hal lagi jangan terus mengkultusnya karena itu bukan cara Islam beliau sama dengan yang lainnya yang membedakan hanyalah TAQWANYA

  • wewegombel

    yg jelas, orang2 yg suka menduga2 seperti ini kurang kerjaan, biar dieskpos media saja…
    gk ada gunanya lg kn?

  • Andha80

    di doain aja agar almarhum diterima disisiNya

  • fadel muh putra

    yah mungkin memang itu lah sakaratul maut .. di mana pun pasti mejemput

  • fadel muh putra

    yang pasti nya kkta semua para ummat … dan saudara2 pasti akan pula mengalami nya .. tentu kita pun akan di bicarakan nnanti nya , baik oleh kkeluarga kita sendiri dan oranng lain .. jadi tinnggal hanya kita yang bersiap

  • Susi Taviati

    Capee dech menduga-duga terus … mending juga ikhlas.

  • Abshan Shihab AbBedulloh

    ya sudahlah,, ikhlaskan. ribet deh,

  • fatwa yayantie

    Apapun penyebabnya….. relakan dan ikhlaskan saja,,,, ALLAH tau yg terbaik…

  • Amin Mahendra

    Apapun penyebab kecelakaannya, minumnya teh botol sos*o :D

    • syaiful

      he he

  • asnan

    kok terlalu…….ya sudahlah……..kalo kita orang Islam janganlah terlalu banyak menduga dan mengkultuskan seseorang…..dia kan sudah wafat, ya sudah……gitu aja koq repot

  • herisabar

    sudah-sudah apapun penyebabnya kalau alloh kun payakun …mau apa lagi”

  • Novan Abu Sulthan

    ikhlaskan aja…

  • Budiono A

    Nggaklah ! Beliau wafat karena kecelakaan tunggal. Buktinya ada darah dan ceceran darah dilokasi kejadian. Orang jatuh, kondisi sudah wafat….tidak akan ada darah. Sama dengan korban pembunuhan setelah mati dimasukkan ke sungai,…paru-paru dan lambungnya tidak terisi air…

    • fitria nurse

      Orang yg ragax telah mati belum tentu tidak mengeluarkan darah.

  • Guest

    di sesuai kan Kebiasaan nya,biasa nya naik MOGE(Motor Besar) ya mati nya pun di atas motor,tetapi apabila biasa nya Dzikir,ya gak jauh dari posisi nya di atas sajadah.

  • Donny Rendra

    Hidup kita ini Milik ALLAH SWT… Allah yang memberi kita nafas dan Allah yang menghentikan nafas kita…. dan tidak ada 1 orang pun yang dapat mengetahui itu selain ALLAH SWT…. ihklaskan demi dan untuk ketenangannya ….

  • Pustaka Tholibul Ilmi

    SUBHAANALLAH… SPEKTAKULER !!

    MILIKI LAUTAN ILMU DALAM “HARDDISK EXTERNAL THOLIBUL ILMI”

    Referensi terlengkap utk Para Kyai, Ustadz, mahasiswa, Santri dan Para
    Pecinta Ilmu yg smg dimulyakan oleh Allah SWT. Insya Allah berbobot,
    mantab, memuaskan dan pastinya murah meriah

    PERPUSTAKAAN DIGITAL THOLIBUL ILMI TERLENGKAP

    Cara kerja HARDDISK seperti flashdisk (plug and play); cukup colok dan langsung bisa digunakan secara instant.

    BERISI FULL KONTEN-KONTEN ISLAMI & UMUM, antara lain :

    1.Maktabah Syamilah (Sofware Perpustakaan Kitab-kitab berbahasa Arab)
    versi paling baru 3.51 dengan kapasitas 57 GB. Ukuran terbesar, lebih
    dari 30.000 judul kitab, ada 145 kelompok materi, instant tanpa install.
    Dilengkapi kamus Arab-Indonesia otomatis yang bisa digabungkan.

    2.Ribuan artikel & buku dalam berbagai materi islam & umum
    (aqidah, tafsir, ulumul qur’an, fiqh, ushul fiqh, hadits, fatwa-fatwa
    & konsultasi syari’ah, faraidh, siroh & tarikh islam,
    kisah-kisah, biografi para sahabat & ulama, tarbiyah & dakwah,
    keluarga islami, tasawwuf, lintas pemikiran, kristologi, ekonomi islam,
    bahasa arab, IPTEK, sosial, politik, hukum, kesehatan, bahasa,
    psikologi, novel & cerpen, humor, seksologi, kuliner, keluarga, dll)

    3.Ribuan artikel & buku presentasi POWERPOINT (Bhs Arab & Indonesia)

    Mencakup berbagai materi islam & umum

    4.Ribuan aplikasi islami untuk HP

    (Berbagai materi islam dlm format Jar & Sis)

    5.Ratusan Software-software islami & umum

    Mencakup maktabah, mausuah, seputar qur’an, kitab-kitab, kamus-kamus, pengembangan SDM motivasi, atlas, jelajah antariksa, dll)

    6.Ratusan pembelajaran Bahasa Arab & Bahasa Inggris

    (dalam bentuk teks, software, video & audio)

    7.Puluhan murattal 30 Juz riwayat Hafsh

    Sudah dikelompokkan antara Thoriq Syathibiyyah dan Thoyyibatun Nasyr

    8.Puluhan murottal 30 juz Qiro’ah Sab’a dan Asyr (20 riwayat masing2 30 Juz lengkap mutawatir dari Nabi SAW)

    Dilengkapi mushaf-mushaf & kaidah-kaidah ushul setiap riwayat yang
    berbeda dengan mushaf & kaidah ushul riwayat Hafsh sehingga Anda
    mudah mencari perbedaan ushul & furu’ antara riwayat

    9.Ribuan ceramah audio & video dalam Bahasa Indonesia & Arab
    oleh para ulama, ustadz dan masyayikh timur tengah serta tokoh-tokoh
    Indonesia

    10.Ratusan film kartun dan non kartun Bahasa Arab

    Cocok utk koleksi pribadi & laboratium bahasa sekolah melatih listening Bahasa Arab di lembaga pendidikan

    11.Ratusan rekaman video dalam brbagai materi (IPTEK, kesehatan,
    sejarah, break, aneka debat, lintas pemikiran, muhasabah, motivasi,
    presentasi, Harun Yahya, video-video tutorial ibadah dll)

    13.Dan masih banyak lagi yang tidak mungkin disebutkan disini

    Total semua data di atas sebesar 460 GB yang tersimpan dalam harddisk external 500 GB yang diberi nama :

    “ HARDDISK EXTERNAL THOLIBUL ILMI “

    Semua yang Anda cari di internet masalah materi-materi keislaman insya Allah ada di HARDDISK EXTERNAL THOLIBUL ILMI ini.

    Anda tidak perlu download yang akan menghabiskan biaya jutaan dan
    menghabiskan waktu berharga Anda bertahun-tahun untuk mendapatkannya.

    MILIKI SEGERA DENGAN MENGGANTI HARDDISK, JASA DOWNLOAD DAN BEA KIRIM SEBESAR

    Rp. 1.350.000,- ( Luar Jawa ada bea krm tambahan )

    MINAT ?

    Hub. NUR CHALIM (Abi Qori) :

    08174844161 ( XL ) / 082119653966 (SIMPATI) / 085724347663 (IM3) / 08993400441 (TRI)

    Atau datang langsung ke alamat baru kami :

    PP. Hidayatullah Surabaya, Jl.Kejawan Putih Tambak VI No.1 Mulyorejo-Surabaya Timur 60112

  • valerius immanuel

    ada ada wae analisanya,,,kasian ustadz..sudah tenang di surga.

  • rukyah

    Allohummarkhamhum wa, fu anhum

  • Ita Yashien

    Tidak baik menduga2 seperti itu…lebih baik qt doakn saja..dn perbaiki ibadah qt sendiri

Lihat Juga

Presiden Joko Widodo memberi sambutan dalam konser Salam 3 Jari di Monas, Jakarta Pusat, Senin (20/10/2014). (Kompas/Fabian Januarius Kuwado)

Diduga Hina Jokowi, Pembantu Tukang Sate Ditangkap Polisi