Home / Berita / Internasional / Asia / Menara Mesjid Abad Ke-11 Runtuh Dibombardir Tentara Suriah

Menara Mesjid Abad Ke-11 Runtuh Dibombardir Tentara Suriah

Masjid Umayyah
Masjid Umayyah

dakwatuna.com – Suriah.  Menara mesjid yang berdiri sejak abad ke-11 runtuh pada pertempuran di Aleppo, Suriah. Ini bukan bangunan bersejarah pertama yang hancur akibat perang yang telah berlangsung selama dua tahun itu.

Diberitakan Al-Arabiya, Rabu 24 April 2013, masjid yang menjadi sasaran tembak adalah Masjid Umayyah yang terletak di wilayah kota tua Aleppo. Mesjid yang pengerjaannya dimulai abad ke-8 dan menaranya didirikan abad ke-11 itu masuk dalam daftar Warisan Dunia UNESCO.

Mesjid itu dikuasai oleh pasukan pembebasan Suriah awal tahun ini setelah bertempur hebat dengan tentara Bashar al-Assad. Sekitar 200 meter dari mesjid, tentara Assad berjaga.

Tentara pemberontak Suriah mengatakan bahwa menara itu jadi sasaran bombardir pasukan Assad di Aleppo. “Pasukan rezim hari ini sekali lagi telah melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan dan warisan budaya dengan mengincar menara mesjid dan menghancurkannya,” kata pernyataan Komite Koordinasi Lokal, sebuah lembaga koordinasi pasukan revolusi.

Tuduhan yang sama dilakukan oleh Koalisi Suriah, dengan mengatakan bahwa Assad ingin menghancurkan kehidupan sosial masyarakat Suriah. “Menara itu dihancurkan oleh serangan tank dan runtuh ke tanah. Rezim Assad melakukan kejahatan atas sejarah dan peradaban,” ujar koalisi ini.

Tuduhan ini dibantah pemerintahan Assad. Mereka malah menyalahkan kelompok Jabhet al-Nusra, kelompok jihad Suriah yang diduga berafiliasi dengan Al Qaeda di Irak. “Teroris Jabhet al-Nusra yang meledakkan menara itu,” kata rezim Assad, pada kantor berita SANA.

Ini adalah mesjid bersejarah kedua yang dihancurkan dalam dua pekan terakhir. Sebelumnya, Mesjid Omari di Daraa, diduga juga dibombardir pasukan Assad. Mesjid ini dibangun pada masa Khalifah Umar Bin Khattab di abad ke-7.

Banyak bangunan bersejarah pada kejayaan Islam di Suriah hancur pada pertempuran. Tahun lalu, pasar kuno di Aleppo, dekat masjid Umayyah, hancur. Artefak dan benda-benda bersejarah di museum juga jadi sasaran penjarahan. Menurut data UNESCO, lima dari enam Warisan Dunia di Suriah hancur. (eh/vvn)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Penjajah Israel nistai masjid Al-Aqsha. (egyptwindow.net)

Anggota Parlemen Israel Diizinkan Kembali Nistai Al-Aqsha