Home / Berita / Internasional / Asia / Tersebar Luas Adegan Penghancuran Muslim Myanmar

Tersebar Luas Adegan Penghancuran Muslim Myanmar

Pembantaian muslim Myanmar - (Foto: youtube)
Pembantaian muslim Myanmar – (Foto: youtube)

dakwatuna.com – Jakarta. Sebuah tayangan video sadisme etnik di Myanmar memperlihatkan bagaimana etnis minoritas Muslim di negeri itu diburu dan dibunuh oleh warga Buddha.

Daily Mail memberitakan, sebuah tayangan video itu menampilkan adegan kekerasan terhadap warga Muslim, bulan lalu, yang menewaskan 43 orang Muslim. Rekaman video tersebut juga beredar di situs YouTube dan juga ditampilkan oleh media ternama, BBC dan Guardian.

Tidak dijelaskan alasan penyerangan tersebut, yang pasti video tersebut menanyangkan bagaimana warga merusak sebuah rumah, kendaraan, dan membakar hidup-hidup warga Muslim. Sadisme itu dibiarkan begitu saja oleh biksu Buddha dan polisi yang membiarkan mereka bertindak sadis di hadapan mereka.

Pada salah satu tayangan, terlihat seorang Muslim diburu oleh sekelompok massa yang menamakan dirinya ‘969 squad’. Ia melarikan diri dan bersembunyi di semak-semak. Sial, Muslim tersebut ketahuan dan langsung dipukuli beramai-ramai menggunakan tongkat. Salah seorang penyerang bahkan membacokkan parang kepadanya hingga tewas. Adegan tersebut sangat sadis sehingga Daily Mail mensensornya.

Adegan kekerasan tersebut juga dibuat oleh polisi yang menyaksikan adegan tersebut di kota Meiktila. Salah satu adegan lainnya tak kalah sadis. Sebuah sepeda motor dibakar dan pengendaranya yang juga seorang muslim dibakar hidup-hidup. Terlihat ia menggelepar-gelepar disaksikan banyak orang. Polisi juga menyaksikannya dengan tenang.

Seseorang terdengar berteriak meminta air. Namun terdengar suara lainnya menolaknya. “Jangan di kasih air. Biarkan dia mati,”

Aksi tersebut mendapat kecaman keras dari Uni Eropa dan penggiat Hak Asasi Manusia (HAM) Human Rights Watch mengeluarkan laporan mengenai keterlibatan pihak berwenang di Myanmar dan warga Arakan dalam tindakan kejahatan terhadap kemanusiaan dalam upaya memusnahkan etnis Muslim di negeri itu. (tjs/ind)

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (12 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com
  • Mana PBB dan para polisi dunia ya, paling tidak nilai nilai HAM harus diperjuangkan

  • Guest

    umat buddha di indonesia aman2 saja padahal mayoritas di indonesia muslim,bisa saja umat buddha lbh hancur disini tp kami sbg muslim punya hati .

  • 1 kata biadab, laknatuLLAH, mudah-mudahan saudaraku yg meninggal mendapatkan KESAHIDAN

  • Bagaimana umat budha di Indonesia, tidakkah hal ini menyentuh hati kalian untuk memperingatkan saudara kalian. Bagaimana perasaaan saudara kalian bila kalian mendapat perlakuan seperti itu di negara mayoritas muslim?

    Bukan waktu untuk menghakimi umat budha di Indonesia, tapi saatnya umat Budha di Indonesia bertindak kepada saudaranya di lain tempat untuk meredakan masalah ini.

  • mengapa selalu muslim yang di jadikan kambing hitam???
    semoga orang islam myanmar teguh pendirian…..

Lihat Juga

Muslim Rohingya Terabaikan oleh Tetangganya?